Tautan-tautan Akses

Rusia Tembak Jatuh Belasan Drone Ukraina, Termasuk yang Menarget Moskow


Seseorang melihat ke luar jendela gedung pemerintah yang rusak di Kyiv, Ukraina, Rabu, 2 Agustus 2023, menyusul serangan pesawat tak berawak Rusia. (Foto: AP/Jae C. Hong)
Seseorang melihat ke luar jendela gedung pemerintah yang rusak di Kyiv, Ukraina, Rabu, 2 Agustus 2023, menyusul serangan pesawat tak berawak Rusia. (Foto: AP/Jae C. Hong)

Rusia mengatakan telah menembak jatuh 11 drone Ukraina yang mengarah ke Krimea dan dua yang mengarah ke Moskow.

Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan di Telegram mengemukakan bahwa dua drone yang menarget Moskow berhasil ditembak jatuh, begitu pula dua lainnya di Kota Sevastopol di pesisir Krimea. Menurut pernyataan itu, sembilan drone “dihalangi dengan perangkat perang elektronik dan jatuh di Laut Hitam.”

Pada hari Rabu, pihak berwenang Rusia mengatakan pertahanan udaranya menembak jatuh dua drone Ukraina yang membidik Moskow.

Wali Kota Sergei Sobyanin mengatakan salah satu drone itu ditembak jatuh di Domodedovo, wilayah di sebelah selatan ibu kota, yang merupakan lokasi salah satu bandara tersibuk Moskow. Satu drone lainnya ditembak jatuh di dekat jalan raya Minsk di sebelah barat Moskow.

Sobyanin mengatakan tidak ada korban cedera atau kerusakan akibat insiden tersebut, yang disebut Kementerian Pertahanan Rusia sebagai upaya “serangan teroris.”

Moskow telah menjadi sasaran serangan drone yang diduga dilakukan Ukraina sejak Mei, sewaktu sebuah drone dihancurkan di atas Kremlin. Moskow juga menyalahkan Kyiv atas serangkaian serangan drone angkatan laut terhadap target-target sipil dan militer Rusia di Laut Hitam.

Ukraina biasanya tidak mengukuhkan ataupun membantah serangan semacam itu. [uh/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG