Tautan-tautan Akses

Seberapa Rahasia Dokumen yang Ditemukan di Vila Trump?


Sejumlah kotak dokumen rahasia yang disimpan di kamar mandi di klub Mar-a-Lago milik Trump di Florida pada awal 2021. (Foto: via Reuters)
Sejumlah kotak dokumen rahasia yang disimpan di kamar mandi di klub Mar-a-Lago milik Trump di Florida pada awal 2021. (Foto: via Reuters)

Mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Jumat (9/6) menghadapi sejumlah dakwaan terkait tuduhan kelalaian dalam menyimpan dokumen rahasia negara. Dewan juri federal mendakwa Trump mempertaruhkan beberapa rahasia pemerintah AS yang paling dijaga ketat dengan menyimpan dokumen rahasia di area resor Florida miliknya, yang sering disebut sebagai Mar-a-Lago, yang tidak aman.

Sejumlah dokumen tersebut, menurut surat dakwaan, mencakup perincian tentang senjata nuklir AS, satelit mata-mata, dan militer AS. Dokumen-dokumen tersebut dibuat oleh Pentagon dan komunitas intelijen AS, termasuk Badan Intelijen Pusat (Central Intelligence Agency/CIA), Badan Keamanan Nasional, Kantor Pengintaian Nasional dan badan lainnya.

"Pengungkapan yang tidak sah dari dokumen-dokumen rahasia ini dapat membahayakan keamanan nasional Amerika Serikat, hubungan luar negeri, keselamatan militer Amerika Serikat, dan sumber daya manusia serta kelangsungan metode pengumpulan yang sensitif," kata dakwaan tersebut.

Berikut beberapa dokumen yang disebutkan dalam dakwaan:

- Sebuah dokumen bertanda TOP SECRET//[dihapus]/[dihapus]//ORCON/NOFORN yang menurut dakwaan terkait dengan "kemampuan nuklir negara asing."

ORCON berarti bahwa materi dalam dokumen tersebut tidak dapat disebarluaskan ke luar departemen pemerintah AS yang membuatnya tanpa persetujuan sebelumnya.

- Sebuah dokumen bertanda RAHASIA/DATA DATA TERBATAS yang menurut dakwaan terkait dengan "persenjataan nuklir Amerika Serikat."

Menurut panduan pelatihan Departemen Energi, Data yang Dibatasi Secara Formal atau FRD, klasifikasi digunakan untuk bahan yang diturunkan dari klasifikasi yang lebih tinggi yang berhubungan "terutama dengan penggunaan senjata atom oleh militer."

Dakwaan terhadap mantan Presiden Donald Trump yang didokumentasikan dalam foto pada Jumat, 9 Juni 2023. (Foto: AP)
Dakwaan terhadap mantan Presiden Donald Trump yang didokumentasikan dalam foto pada Jumat, 9 Juni 2023. (Foto: AP)

“Dulu bukan berarti tidak terklasifikasi,” menurut panduan tersebut.

Contoh FRD berdasarkan panduan tersebut mencakup jumlah senjata nuklir di gudang senjata AS, hasil hulu ledak, dan lokasinya.

- Sebuah dokumen bertanda TOP SECRET//SI//NOFORN//FISA yang menurut dakwaan tersebut berkaitan dengan "kemampuan militer negara asing dan Amerika Serikat, dengan anotasi tulisan tangan dengan spidol hitam."

NOFORN berarti dokumen tersebut tidak dapat dibagikan ke pemerintah asing. FISA mengacu pada Undang-Undang Pengawasan Intelijen Asing dan berarti materi tersebut berasal dari komunikasi yang disadap.

- Enam dokumen rahasia bertanda TK, singkatan dari Talent Keyhole, klasifikasi materi yang terkait dengan satelit mata-mata AS.

Surat dakwaan mengatakan dokumen-dokumen ini menyangkut kemampuan militer negara asing. [ah/ft]

Forum

XS
SM
MD
LG