Tautan-tautan Akses

Seorang Aktris Iran Dihukum Karena Tidak Kenakan Hijab


Seorang perempuan tampak duduk di sebuah cafe tanpa menggunakan hijab di Teheran, Iran, pada 29 April 2023. (Foto: AP/Vahid Salemi)
Seorang perempuan tampak duduk di sebuah cafe tanpa menggunakan hijab di Teheran, Iran, pada 29 April 2023. (Foto: AP/Vahid Salemi)

Sebuah pengadilan Iran telah menjatuhkan hukuman dua tahun penjara terhadap seorang aktris terkemuka di Iran karena tidak mengenakan hijab di tempat umum, demikian lapor media lokal pada Rabu (19/7).

“Afsaneh Bayegan dihukum dua tahun penjara, tetapi dengan penundaan lima tahun, karena mengenakan topi dan tidak mematuhi undang-undang penggunaan hijab,” demikian lapor kantor berita Fars.

Undang-undang tersebut mensyaratkan perempuan menutupi kepala dan leher mereka ketika berada di area publik.

Pengadilan juga memerintahkan Bayegan melakukan kunjungan mingguan ke sebuah pusat psikologi “untuk mendapat perawatan gangguan mental dan kepribadian anti-keluarga” dan mengharuskannya menyertakan sertifikat kesehatan setelah perawatannya berakhir, tambah laporan tersebut.

Hukuman itu juga melarang sang aktris menggunakan media sosial dan pergi dari republik Islam itu selama dua tahun, demikian ditambahkan Fars.

Hukuman tersebut dijatuhkan setelah aktris berusia 61 tahun itu muncul di sebuah pertunjukan film tanpa mengenakan hijab dan kemudian membagikan foto-fotonya di media sosial.

Bayegan pertama kali mencuri perhatian setelah revolusi Islam pada 1979 dan dikenal atas perannya di serial televisi, "Sarbedaran," yang mengisahkan perlawanan Iran terhadap invasi Mongol pada abad ke-14.

Jumlah perempuan di Iran yang melanggar aturan berpakaian semakin meningkat sejak protes merebak pada akhir tahun lalu, dan media pemerintah pada Minggu (16/7) melaporkan peningkatan patroli polisi yang bertujuan menangkap mereka yang tidak mematuhi aturan tersebut. [jm/lt/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG