Tautan-tautan Akses

Seorang WNI Tewas Dalam Penikaman di Philadelphia oleh Terduga Pelaku Sesama WNI


ILUSTRASI - Pejalan kaki berjalan di salah satu sudut kota Philadelphia, 13 Juli 2018. (Matt Rourke/AP). Seorang WNI tewas ditikam di Kota Philadelphia, Pennsylvania, Minggu, 5 Agustus 2024.
ILUSTRASI - Pejalan kaki berjalan di salah satu sudut kota Philadelphia, 13 Juli 2018. (Matt Rourke/AP). Seorang WNI tewas ditikam di Kota Philadelphia, Pennsylvania, Minggu, 5 Agustus 2024.

Seorang warga negara Indonesia (WNI) di Kota Philadelphia, Pennsylvania, AS, tewas ditikam pada hari Minggu, 4 Agustus. Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) New York, pada hari Rabu (7/8) mengatakan terduga pelaku juga seorang WNI.

“KJRI New York sudah dihubungi oleh beberapa masyarakat Indonesia di Philadelphia yang menginformasikan bahwa terdapat seorang WNI yang meninggal akibat menjadi korban dari penusukan,” ungkap Silvia Meiryana Pakpahan, Konsul Protokol dan Konsuler KJRI New York, dalam video pernyataan yang diterima VOA.

Silvia menjelaskan, baik korban maupun terduga pelaku sama-sama tinggal di Kota Philadelphia. Belum jelas apa hubungan korban dan pelaku, maupun kronologi dan motif penikaman yang terjadi. Yang jelas, keduanya tiba di Amerika Serikat pada bulan Agustus 2023, tambahnya.

KJRI New York sudah menghubungi keluarga korban di Indonesia, “untuk memastikan bahwa korban mendapatkan penanganan maupun pemakaman yang layak,” ujar Silvia. Ia meneruskan, pihak konsulat juga sudah berkontak dengan kepolisian setempat untuk memastikan terduga pelaku mendapatkan pendampingan hukum dan diproses secara adil.

“KJRI New York akan mengupayakan supaya hak-hak kekonsulerannya dapat dipenuhi,” imbuh Silvia.

Sebelumnya, beberapa media lokal melaporkan kasus penikaman yang menimpa seorang perempuan berusia 55 tahun di daerah Philadelphia selatan hari Minggu lalu. Polisi menyatakan bahwa korban yang tidak diungkap identitasnya ditikam hingga tewas di sebuah rumah, sementara satu orang telah dibawa polisi untuk diinterogasi terkait peristiwa itu.

KJRI New York membenarkan bahwa informasi dalam laporan media tersebut terkait kasus penikaman yang melibatkan kedua WNI.

Kota Philadelphia di negara bagian Pennsylvania sendiri merupakan rumah bagi sekitar 4.000an diaspora Indonesia, salah satu kota dengan populasi WNI terbesar di AS, selain Los Angeles dan New York. [rd/em]

Forum

XS
SM
MD
LG