Tautan-tautan Akses

Sepak Bola: Reaksi Atas Pemecatan Jose Mourinho


FOTO ARSIP – Pelatih Manchester United, Jose Mourinho, tampak menunjukkan ekspresinya (foto: Action Images via Reuters/Carl Recine/Foto Arsip)
FOTO ARSIP – Pelatih Manchester United, Jose Mourinho, tampak menunjukkan ekspresinya (foto: Action Images via Reuters/Carl Recine/Foto Arsip)

Manchester United kemarin, Selasa (18/12) akhirnya memecat manajer Jose Mourinho. Berikut reaksi atas keputusan Setan Merah memberhentikan pelatih asal Portugal itu.

PELATIH LIVERPOOL, JUERGEN KLOPP

“Ia seorang yang kompetitif, sangat berambisi. Saya menaruh hormat padanya, dan ia telah meraih kesuksesan luar biasa. Saya dapat membayangkan beberapa bulan terakhir ini bukan masa yang menyenangkan bagi siapapun, terutama untuk dia… sangat tidak menyenangkan bila Anda harus menjawab semua pertanyaan ini setiap hari.

“Tak seorang pun dapat merenggut apa yang telah ia raih. Saya harap ia akan mengingat semua hal itu saat ia pergi dan bukannya beberapa hal lain yang terjadi. Ia adalah seorang pelatih luar biasa.

PELATIH TOTTENHAM HOTSPUR MAURICIO POCHETTINO

“Saya merasa menyesal karena, seperti yang Anda semua tahu, saya memiliki hubungan yang sangat baik dengannya. Jadi, ini adalah kabar yang sangat menyedihkan hari ini. Apa yang terjadi hari ini bukanlah urusan saya dan saya hanya berharap semua yang terbaik bagi Jose.”

“Ada banyak desas-desus tentang posisi saya sebagai pelatih di Tottenham. Saya tidak dapat menjawab pertanyaan semacam ini. Bisnis, yang Anda sangat mengerti, banyak desas-desus. Saya hanya fokus untuk mempersembahkan apa yang terbaik bagi klub sepak bola ini.”

PELATIH SEPAKBOLA ARSENAL UNAI EMERY

“Satu-satunya hal yang dapat saya sampaikan kepada anda adalah saya terkejut – dan ini bukan lah kabar baik karena, saat seorang pelatih mengakhiri pekerjaannya dengan cara seperti itu, akan berimbas buruk kepada pelatih-pelatih lainnya.”

“Ini bukan kabar baik tetapi saya tidak tahu banyak mengapa keputusan ini diambil. Fokus saya esok adalah pada pertandingan antara tim sekota (melawan Tottenham), fokus bagi saya dan setiap pemain hanya lah itu.”

MANTAN KAPTEN MANCHESTER UNITED GARY NEVILLE

“Saya beruntung menghabiskan waktu di fasilitas pelatihan Tottenham, dan untuk saya ia (Mauricio Pochettino) sepertinya kandidat yang ideal. United pernah merekrut pelatih-pelatih yang pernah memenangkan piala-piala Eropa, mereka pernah merekrut pelatih yang pernah memenangkan gelar juaara di berbagai liga.”

“Pendapat saya adalah mereka butuh seseorang yang memenuhi tiga prinsip klub sepak bola, dan itu adalah mendorong pembinaan pemain muda, sepak bola yang menghibur, dan untuk memenangkan berbagai laga sepak bola.”

MANTAN BEK MANCHESTER UNITED DAN PAKAR SEPAKBOLA RIO FERDINAND

“Saya adalah salah satu pendukung utamanya dua setengah tahun yang lalu saat ia bergabung dengan Manchester United dan merasa ia berhasil menstabilkan klub kami saat kami membutuhkannya … Anda tidak dapat mengabaikan apa yang sebelumnya telah Jose raih sebagai pelatih. Tapi saya rasa sudah tiba saatnya untuk mendapatkan ide-ide segar di klub sepak bola Manchester United.”

MANTAN PEMAIN INTERNASIONAL INGGRIS, PEMANDU ACARA BBC SPORTS GARY LINEKER

“Dengan United tertinggal 19 poin dari Liverpool setelah 17 pertandingan, dengan sebagian besar pemain bermain di bawah performa terbaiknya … dan sepak bola yang sangat kompetitif.”

“Mempertimbangkan Mourinho diizinkan untuk menghabiskan dana ratusan juta untuk para pemain itu, pemecatan ini tampaknya tidak terelakkan.”

“Saya bayangkan salah satu alasan utama untuk memecat Mourinho sekarang adalah untuk mencegah upaya eksodus masal para pemain terbaik mereka bulan depan.”

MANTAN PEMAIN SAYAP MANCHESTER UNITED LEE SHARPE

“Ia direkrut dengan terburu-buru dan mereka membawa seseorang untuk membenahi tim dengan cepat.”

“Saat itu Manchester United tidak banyak berkiprah di Eropa, mereka sedang dalam performa terendahnya dan ia adalah pelatih yang dapat membawa pemain-pemain dengan nama besar dan meningkatkan standar permainan … ia memiliki mentalitas sebagai pemenang.

“Ia telah melakukannya dengan luar biasa … namun caranya ia menangani sepak bola tidak sesuai dengan cara yang dilakukan oleh Manchester United.”

PELATIH KLUB SEPAKBOLA RANGERS DAN MANTAN GELANDANG TENGAH LIVERPOOL STEVEN GERRARD

“Ia telah berhasil memenangkan berbagai pertandingan. Ia dipecat Manchester United namun ia telah berhasil mempersembahkan dua piala bagi klub itu.

“Ia telah melakukan yang terbaik sejak kepergian Alex Ferguson. Tampaknya klub tengah mengalami kesulitan saat itu hingga Jose bergabung dan mempersembahkan dua piala, jadi saya rasa tidak adil untuk terlalu banyak mengkritiknya.” [ww/ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG