Tautan-tautan Akses

Separatis Baluchistan Serang Pangkalan Angkatan Darat Pakistan


Peta dari wilayah Baluchistan, Pakistan. (Foto: VOA)
Peta dari wilayah Baluchistan, Pakistan. (Foto: VOA)

Pihak militer Pakistan, pada Rabu (2/2), mengatakan bahwa “teroris” telah menyerang dua pangkalannya di provinsi Baluchistan, wilayah barat daya Pakistan, menewaskan sedikitnya satu tentara dan empat penyerang dalam baku tembak berikutnya.

Sebuah kelompok militan separatis, yang dikenal sebagai Tentara Pembebasan Baluchistan (BLA), mengaku bertanggung jawab telah melancarkan serangan pada malam hari yang terkoordinasi terhadap kamp-kamp pasukan paramiliter di distrik Panjgur dan Nushki yang terpencil.

“Kedua serangan telah berhasil dipukul mundur dan menimbulkan banyak korban bagi teroris,” kata media militer. Dikatakan bahwa baku tembak di Nushki melukai seorang perwira militer dan baku tembak terus berlanjut di wilayah tersebut. Militer tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai hal itu.

BLA mengklaim apa yang mereka sebut sebagai regu bunuh diri telah menyerbu dua kamp dan menimbulkan banyak korban di pihak pasukan militer Pakistan. Kebenaran klaim itu belum dapat segera diverifikasi dari sumber independen.

Serangan militan, pada Rabu (2/2), itu terjadi seminggu setelah puluhan separatis bersenjata lengkap yang terkait dengan kelompok separatis terlarang lainnya, yang dikenal sebagai Front Pembebasan Baluchistan, menyerang sebuah pos militer di distrik Kech di provinsi itu. Serangan itu menewaskan 10 tentara Pakistan sementara satu penyerang tewas dalam tembakan balasan. [lt/em]

Recommended

XS
SM
MD
LG