Tautan-tautan Akses

Serangan Buaya Pada Manusia Meningkat di Timor Leste


Seekor buaya di kolam di kantor polisi di Dili, Timor Leste, 22 Juni 2019. (Foto: AFP)
Seekor buaya di kolam di kantor polisi di Dili, Timor Leste, 22 Juni 2019. (Foto: AFP)

Mario da Cruz hanya bisa menyaksikan dengan penuh ketakutan ketika sekawanan buaya menyerang dan membunuh seorang anak kecil di pantai Timor Leste.

Kantor berita AFP melaporkan, serangan buaya seperti itu meningkat lebih dari 20 kali lipat dalam dua dasawarsa. Setiap bulan, rata-rata satu orang menjadi korban serangan buaya, meski tidak semuanya berakibat kematian.

“Saya sedang berjalan di pantai dan tiba-tiba sekawanan buaya keluar dari laut. Saya panik dan lari, tapi salah satu dari buata itu sempat menggigit kaki saya,” kata Da Cruz.

“Seekor buaya lainnya menyerang seorang anak kecil yang kemudian mati di tempat,” katanya. Da Cruz menuturkan kota Los Palos, di mana ia tinggal, mencatat lonjakan jumlah manusia yang diserang buaya.

Timor Leste terletak antara Indonesia dan Australia. Banyak penduduk negara yang berjumlah 1,2 juta orang itu menggunakan sungai dan perairan lain untuk mencari sumber penghidupan mereka.

Katannya, ada orang yang diserang buaya ketika sedang memancing dengan menggunakan perahu kecil, atau sedang mandi dan mengambil air untuk minum.

Kenaikan jumlah serangan buaya itu membuat tingkat kematian 10 kali lebih tinggi dari penyakit malaria, kata Sebastian Brackhane dari Universitas Freiburg di Jerman yang mempelajari masalah buaya di Timor Leste. [ii/ft]

XS
SM
MD
LG