Tautan-tautan Akses

Serangan di Fasilitas Kesehatan Barat Laut Pakistan, 5 Warga Sipil Tewas


Polisi berjaga di sepanjang jalan yang dibarikade, sehari setelah mereka diserang oleh pasukan bunuh diri militan di Bannu, 16 Juli 2024. (Karim ULLAH / AFP)
Polisi berjaga di sepanjang jalan yang dibarikade, sehari setelah mereka diserang oleh pasukan bunuh diri militan di Bannu, 16 Juli 2024. (Karim ULLAH / AFP)

Pakistan, Selasa (16/7) mengatakan bahwa sebuah serangan militan terhadap sebuah fasilitas kesehatan di daerah kesukuan di wilayah barat laut yang bergejolak pada pagi hari telah menewaskan sedikitnya lima warga sipil dan dua tentara.

Sayap media militer melaporkan bahwa dua petugas kesehatan perempuan, dua anak-anak, dan seorang penjaga keamanan di fasilitas tersebut termasuk di antara para korban serangan "teroris" di distrik Dera Ismail Khan yang dilanda militansi.

Inter-Services Public Relation, atau ISPR, mengatakan bahwa pasukan keamanan Pakistan di sekitar lokasi kejadian "secara efektif menghadapi" para penyerang, menewaskan tiga penyerang dan menewaskan dua tentara selama bentrokan itu.

Belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut, namun pihak berwenang mencurigai Taliban Pakistan sebagai pelakunya. Pengumuman ISPR disampaikan hanya beberapa jam setelah mereka mengkonfirmasi kematian setidaknya delapan tentara dalam serangan militan sebelum fajar terhadap sebuah pangkalan militer di kota garnisun Bannu pada hari Senin.

Pernyataan tersebut menyatakan bahwa pasukan keamanan menewaskan ke 10 penyerang dalam baku tembak yang berlangsung selama beberapa jam. Pernyataan militer menegaskan bahwa serangan mematikan tersebut didalangi oleh "teroris" yang berbasis di negara tetangganya, Afghanistan. [my/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG