Tautan-tautan Akses

Serangan Drone Rusia Hantam Wilayah Odessa


Prajurit berdiri di dekat kendaraan militer di posisi pertahanan, tempat Garda Nasional Ukraina bersiap mempertahankan Odesa, 10 April 2023. (Foto: via Reuters)
Prajurit berdiri di dekat kendaraan militer di posisi pertahanan, tempat Garda Nasional Ukraina bersiap mempertahankan Odesa, 10 April 2023. (Foto: via Reuters)

Militer Ukraina mengatakan pada Kamis (7/9) bahwa pertahanan udaranya menghancurkan 25 dari 33 drone yang digunakan oleh Rusia untuk menyerang wilayah Sumy dan Odesa pada Rabu (6/9) malam.

Oleh Kiper, Gubernur Odesa, mengatakan serangan Rusia itu menghantam wilayah Izmail untuk keempat kalinya dalam lima hari, melukai satu orang.

Kiper mengatakan serangan itu juga merusak fasilitas infrastruktur pelabuhan dan sebuah gedung administrasi.

Sementara itu Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pihaknya menghancurkan dua drone Ukraina di wilayah Rostov, serta satu di Bryansk dan satu lagi di pinggiran Moskow.

Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin mengatakan melalui Telegram bahwa puing-puing dari pesawat tak berawak itu jatuh di distrik Ramensky tetapi tidak menimbulkan kerusakan atau korban jiwa.

Sedikitnya 17 orang tewas dan sedikitnya 35 lainnya terluka dalam serangan Rusia pada Rabu di pasar sentral di Kota Kostiantynivka, Ukraina timur, kata para pejabat Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengutuk serangan itu dengan mengatakan sebuah pasar, toko-toko dan apotek menjadi sasaran serangan di kota industri yang dekat dengan garis depan medan perang, sekitar 30 kilometer dari kota Bakhmut, di mana telah terjadi pertempuran sengit selama berbulan-bulan.

Menteri Dalam Negeri Ukraina Ihor Klimenko mengunggah foto-foto yang menunjukkan para petugas SAR mencari korban di bawah reruntuhan dan membawa keluar sejumlah jenazah dalam karung-karung hitam. [lt/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG