Tautan-tautan Akses

Serangan Maut Drone Rusia Hantam Kharkiv di Ukraina


Kendaraan pemadam kebakaran terlihat terbakar setelah serangan drone Rusia di Kharkiv, Ukraina, 4 April 2024. (Foto: AP/George Ivanchenko)
Kendaraan pemadam kebakaran terlihat terbakar setelah serangan drone Rusia di Kharkiv, Ukraina, 4 April 2024. (Foto: AP/George Ivanchenko)

Para pejabat Ukraina pada Kamis (4/4) mengatakan serangan drone Rusia pada malam sebelumnya menewaskan sedikitnya empat orang dan mencederai 10 lainnya di Kharkiv, kota di bagian timur Ukraina.

Wali Kota Kharkiv Igor Terekhov mengatakan drone-drone menghantam beberapa bangunan tempat tinggal.

Gubernur Kharkiv Oleg Sinegubov mengatakan serangan Rusia juga menghantam kota Lozova dan Chuhuiv.

Kementerian Pertahanan Rusia pada Kamis mengatakan pihaknya berhasil menggagalkan serangan drone Ukraina yang menargetkan dua wilayah di Rusia Barat.

Kementerian Rusia itu mengatakan pertahanan udaranya menembak jatuh tiga drone di Belgorod, yang berbatasan dengan Ukraina, dan dua lainnya di Tula.

Sementara itu, Ukraina dan Finlandia menandatangani perjanjian keamanan 10 tahun pada hari Rabu.

Perjanjian itu membuat Finlandia menjadi anggota kedelapan NATO yang tahun ini menyetujui dukungan pertahanan dan keamanan jangka panjang untuk Ukraina dalam perjuangannya melawan Rusia.

Presiden Finlandia Alexander Stubb mengatakan negaranya juga akan mengirimkan bantuan militer tambahan senilai $203 juta untuk Ukraina, yang mencakup sistem pertahanan udara dan amunisi kaliber besar. Jumlah tersebut membuat total kontribusi pertahanan Finlandia selama perang menjadi $2,2 miliar.

“Kami tidak hanya menyerahkan bantuan militer agar Ukraina dapat membela diri, kami juga memberikan dukungan militer bagi Ukraina untuk memenangi perang ini,” kata Stubb dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. [uh/ab]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG