Tautan-tautan Akses

Suriah Halau Serangan Rudal Israel


Sebuah rudal melintas di wilayah udara Suriah dekat bandara internasional di Damaskus, Suriah, 21 Januari 2019. (Foto: kantor berita SANA via AP)
Sebuah rudal melintas di wilayah udara Suriah dekat bandara internasional di Damaskus, Suriah, 21 Januari 2019. (Foto: kantor berita SANA via AP)

Suriah mengatakan pihaknya berhasil menghalau tembakan rudal dari Israel, Minggu (2/7). Polisi melaporkan sisa-sisa rudal antipesawat milik Suriah menghantam sebuah kota terpencil, tetapi tidak menimbulkan korban.

Dalam beberapa bulan terakhir, Israel mengintensifkan serangan ke beberapa bandara dan pangkalan militer di Suriah. Serangan tersebut bertujuan untuk mengacaukan jalur udara, setelah Iran meningkatkan intensitas pengiriman persenjataan ke sekutu di Suriah dan Lebanon, termasuk ke kelompok Hizbullah di Lebanon.

Media milik pemerintah Suriah mengatakan pertahanan udaranya mencegat rudal-rudal Israel di sepanjang bagian tengah negara itu dan berhasil menembak jatuh sebagian besar rudal-rudal itu. Militer Suriah, dalam pernyataannya, mengatakan rudal-rudal yang dilontarkan di sebagian wilayah udara Beirut, Ibu Kota Lebanon, menghantam sejumlah lokasi di sekitar Kota Homs, tapi hanya menimbulkan kerusakan material.

Reuters tidak bisa segera mengonfirmasi laporan itu.

Juru bicara militer Israel mengatakan jet-jet tempur menghantam sejumlah target, termasuk baterai pertahanan udara Suriah yang digunakan untuk meluncurkan rudal antipesawat ke arah Israel.

Setelah ledakan di udara yang terdengar di seluruh Israel, sisa-sisa rudal Suriah mendarat di Kota Rahat, yang berjarak 180 km ke arah selatan garis gencatan senjata antara kedua negara, kata polisi Israel. Tidak ada informasi mengenai korban jiwa. [ft/ah]

Forum

XS
SM
MD
LG