Tautan-tautan Akses

Swedia Hapus Pajak Perjalanan Udara Meski Dikecam


FILE: Sirip ekor pesawat Scandinavian Airlines (SAS) di landasan pacu Bandara Kopenhagen Kastrup di Kopenhagen, Denmark, 3 Juli 2022. (Andrew Kelly/REUTERS)
FILE: Sirip ekor pesawat Scandinavian Airlines (SAS) di landasan pacu Bandara Kopenhagen Kastrup di Kopenhagen, Denmark, 3 Juli 2022. (Andrew Kelly/REUTERS)

Pemerintah sayap kanan Swedia, Selasa (9/3) mengatakan akan menghapuskan pajak penerbangan bagi para pelancong, dengan alasan untuk mempromosikan perjalanan udara domestik. Langkah ini dikecam oleh kelompok-kelompok lingkungan.

Pajak - yang jumlahnya ditentukan oleh lamanya penerbangan - diperkenalkan oleh pemerintah sayap kiri sebelumnya pada tahun 2018 sebagai pencegah untuk mengurangi dampak iklim yang disebabkan oleh penerbangan maskapai.

“Jika kita ingin melindungi kemampuan untuk memiliki koneksi penerbangan yang baik di Swedia, dan Swedia sebagai pusat internasional... kita harus memastikan bahwa kita tidak mendiskriminasi keunggulan persaingan yang dapat dimiliki Swedia,” kata Perdana Menteri Ulf Kristersson dalam sebuah konferensi pers.

“Hal ini sejalan dengan kebijakan iklim jangka panjang ... dan menjaga peluang perjalanan negara yang panjang,” tambah Kristersson.

Berbicara bersama Kristersson, Menteri Energi Ebba Busch menekankan bahwa “sebagian kecil negara di Uni Eropa memiliki pajak penerbangan.”

Pemerintah koalisi, yang didukung oleh sayap ekstrim kanan partai Demokrat Swedia , sebelumnya telah mempertimbangkan untuk mengurangi separuh dari pajak tersebut.

Namun pada hari Selasa, mereka mengatakan bahwa pajak tersebut akan dihapuskan sepenuhnya pada tanggal 1 Juli 2025.

Kelompok-kelompok lingkungan hidup telah memperingatkan bahwa penghapusan pajak tersebut akan meningkatkan perjalanan penerbangan dan emisi karbon.

“Ini benar-benar terbalik dan pemerintah menyerah sepenuhnya pada kebijakan iklim,” kata Daniel Kihlberg, direktur iklim di Swedish Society for Nature Conservation, kepada surat kabar Aftonbladet setelah pengumuman tersebut.

Kebijakan iklim pemerintah telah menghadapi pengawasan di masa lalu.

Swedia Hapus Pajak Perjalanan Udara
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:05:11 0:00

Pada bulan Maret, Dewan Kebijakan Iklim Swedia - sebuah panel ahli yang ditugaskan untuk meninjau kebijakan pemerintah - mengatakan bahwa langkah-langkah seperti pengurangan pajak bahan bakar menempatkan ambisi iklim dalam risiko, dan menyesalkan kurangnya langkah-langkah konkret dalam kebijakan lingkungan pemerintah.

Dewan tersebut dalam sebuah laporan mengatakan kebijakan pemerintah akan “meningkatkan emisi dan tidak mengarah pada pemenuhan tujuan iklim Swedia dan komitmen Uni Eropa pada tahun 2030”.

Penerbangan global bertanggung jawab atas sekitar 2,5 persen dari emisi karbon global, lebih besar dari jejak karbon tahunan gabungan Brasil dan Prancis. [my/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG