Tautan-tautan Akses

Tak Tuntas, Penyelidikan terhadap Kepala Badan Lingkungan AS


Mantan Pengawas Internal Badan Perlindungan Lingkungan Amerika (EPA), Scott Pruitt. (Foto: dok).
Mantan Pengawas Internal Badan Perlindungan Lingkungan Amerika (EPA), Scott Pruitt. (Foto: dok).

Pengawas internal Badan Perlindungan Lingkungan Amerika (EPA) menutup dua penyelidikan atas perilaku mantan kepala badan itu, Scott Pruitt, menyatakan tidak tuntas karena penyelidik tidak bisa mewawancarai Pruitt sebelum ia mengundurkan diri.

Penjabat Inspektur Jenderal EPA Charles Sheehan mengatakan dalam laporan yang dikirim ke Kongres pekan ini, pengunduran diri Pruitt membuat penyelidik tidak bisa menyelesaikan kajian terhadapnya atas kasus sewa murah kondominium Capitol Hill dari istri seorang pelobi industri dan upaya staf Pruitt mendapat peluang bisnis bagi istrinya, termasuk mendapatkan waralaba cepat saji Chick-fil-A.

Pruitt, anggota Partai Republik dari Oklahoma dan pendukung kuat bahan bakar fosil, dipaksa mengundurkan diri Juli lalu karena kasus skandal etika. Presiden Trump mengindikasikan ia akan mencalonkan mantan wakil Pruitt, yang juga mantan pelobi industri batu bara dan mantan penjabat kepala EPA Andrew Wheeler untuk menjadi penggantinya yang tetap.

Tuduhan korupsi melilit Pruitt sejak Maret, ketika laporan media pertama kali mengungkap Pruitt menyewa kondominium mewah di Capitol Hill hanya 50 dolar per malam dari perusahaan yang dimiliki bersama oleh istri J. Steven Hart, yang saat itu menjabat kepala perusahaan lobi besar Williams & Jensen.

Putri Pruitt, pekerja magang di Gedung Putih, tinggal dalam kamar kedua di kondominium itu tanpa biaya tambahan. [ka]

XS
SM
MD
LG