Tautan-tautan Akses

Tertuduh Pelaku Percobaan Pembunuhan Trump Sudah Tulis Pesan tentang Rencananya


Ryan Wesley Routh di pusat kota Kyiv, Ukraina, Sabtu, 30 April 2022. (Efrem Lukatsky/AP)
Ryan Wesley Routh di pusat kota Kyiv, Ukraina, Sabtu, 30 April 2022. (Efrem Lukatsky/AP)

Lelaki yang dituduh melakukan percobaan pembunuhan terhadap Donald Trump di lapangan golf di Florida telah meninggalkan sebuah pesan yang mengatakan ia bermaksud membunuh mantan presiden itu. Ia juga menyimpan di dalam mobilnya daftar dengan tulisan tangan berisi tanggal dan lokasi di mana Trump akan berada, kata Departemen Kehakiman, Senin (23/9).

Tuduhan baru itu dimasukkan ke memo penahanan yang diajukan sebelum sidang hari Senin, di mana Departemen Kehakiman diperkirakan akan menyatakan bahwa Ryan Wesley Routh, 58, harus tetap ditahan sementara kasusnya dilanjutkan. Rincian itu dimaksudkan untuk mendukung pernyataan para jaksa bahwa Routh berniat membunuh Trump sebelum rencana itu digagalkan oleh seorang agen Dinas Rahasia yang melihat senapan menyembul dari semak-semak di lapangan golf di West Palm Beach, di mana Trump sedang bermain golf.

Catatan tersebut, yang ditujukan kepada “Dear World,” (Dunia Yth), ditaruh dalam kotak yang dikirim ke rumah seseorang yang tidak disebutkan identitasnya yang kemudian menghubungi para petugas penegak hukum setelah Routh ditangkap pada hari Minggu lalu. Surat itu tampaknya ditulis berdasarkan anggapan bahwa percobaan pembunuhan itu pada akhirnya tidak akan berhasil.

Kotak tersebut, yang juga berisi amunisi, sebuah pipa logam dan benda-benda lainnya, tidak dibuka oleh orang tersebut hingga setelah Routh ditahan.

Penerima kotak yang menghubungi petugas penegak hukum itu tidak diidentifikasi dalam memo penahanan dari Departemen Kehakiman.
“Ini adalah percobaan pembunuhan terhadap Donald Trump tetapi saya mengecewakan Anda. Saya berusaha melakukan yang terbaik dan menggunakan semua keberanian yang saya miliki. Terserah Anda sekarang untuk menyelesaikan pekerjaan ini; dan saya akan menawarkan $150.000 kepada siapa pun yang dapat menuntaskan pekerjaan ini,” kata catatan itu, menurut para jaksa.

Seorang pengacara untuk Routh tidak segera menanggapi email berisi permintaan komentar pada Senin pagi.

Pihak berwenang yang menggeledah mobil Routh menemukan enam ponsel, termasuk satu yang memperlihatkan pencarian dengan Google mengenai perjalanan dari Palm Beach County ke Meksiko.

Mereka juga menemukan daftar dengan tanggal-tanggal pada bulan Agustus, September dan Oktober dan tempat-tempat di mana Trump telah hadir atau dijadwalkan hadir, kata para jaksa. Sebuah buku catatan yang ditemukan di mobilnya berisi kritik terhadap pemerintah Rusia dan China dan juga catatan mengenai cara bergabung dalam perang atas nama Ukraina.

Catatan di ponselnya menunjukkan ia bepergian ke West Palm Beach dari Greensboro pada pertengahan Agustus, dan bahwa ia berada di dekat klub golf Trump serta kediaman mantan presiden itu di Mar-a-Lago “selama beberapa hari dan beberapa waktu” antara 18 Agustus dan hari percobaan pembunuhan itu (15/9). [uh/ka]

Forum

XS
SM
MD
LG