Tautan-tautan Akses

4 Tewas Akibat Baku Tembak antara Pasukan Pakistan dan Pemberontak


Pasukan pemerintah dan segerombolan gerilyawan pemberontak terlibat baku tembak di wilayah Pakistan Barat Laut, di sepanjang perbatasan dengan Afghanistan. (Foto: Ilustrasi/AFP)
Pasukan pemerintah dan segerombolan gerilyawan pemberontak terlibat baku tembak di wilayah Pakistan Barat Laut, di sepanjang perbatasan dengan Afghanistan. (Foto: Ilustrasi/AFP)

Pasukan pemerintah dan segerombolan gerilyawan pemberontak terlibat baku tembak di wilayah Pakistan Barat Laut, di sepanjang perbatasan dengan Afghanistan, kata militer, Senin (5/6). Dua tentara dan dua gerilyawan tewas dalam bentrokan itu.

Baku tembak terjadi pada Minggu (4/6) malam di Waziristan Utara, sebuah distrik di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa yang merupakan bekas kubu Taliban Pakistan, kelompok militan yang juga dikenal sebagai Tehreek-e-Taliban Pakistan atau TTP.

Menurut pernyataan militer, dua gerilyawan juga terluka dan militer menyita sejumlah senjata di lokasi tersebut. Operasi pencarian sedang dilakukan di daerah itu, katanya.

Meskipun militer Pakistan mengklaim telah membersihkan Waziristan Utara dari militan, serangan dan baku tembak sesekali terjadi, meningkatkan kekhawatiran bahwa Taliban Pakistan sedang menghimpun kembali kekuatan di daerah tersebut.

Meskipun merupakan kelompok terpisah, TTP tetap menjadi sekutu dekat Taliban Afghanistan, yang merebut kekuasaan di Afghanistan pada pertengahan Agustus 2021, selama minggu-minggu terakhir penarikan pasukan AS dan NATO dari negara itu setelah perang selama dua dekade.

Pengambilalihan itu memberanikan TTP. Mereka secara sepihak mengakhiri perjanjian gencatan senjata dengan pemerintah Pakistan November lalu dan sejak itu meningkatkan serangan mereka di negara itu. [ab/uh]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG