Tautan-tautan Akses

Tokoh Oposisi Afghanistan dan Taliban akan Bertemu di Moskow


Delegasi Taliban-Afghanistan berdoa dalam pertemuan "internal Afghanistan" di Moskow, Rusia pada 6 Februari 2019 lalu.
Delegasi Taliban-Afghanistan berdoa dalam pertemuan "internal Afghanistan" di Moskow, Rusia pada 6 Februari 2019 lalu.

Tokoh-tokoh oposisi Afghanistan dan wakil-wakil Taliban akan bertemu di Moskow hari Rabu (29/5) untuk membahas usaha mencari perdamaian dalam perang Afghanistan yang terus mengakibatkan puluhan korban tiap hari.

Konperensi yang disebut pertemuan Antar-Afghanistan itu terjadi setelah perundingan langsung antara Amerika dan Taliban yang telah diadakan berbulan-bulan tampak melambat atau bahkan macet, karena Taliban tidak mau menghentikan permusuhan sampai pasukan internasional pimpinan Amerika keluar dari Afghanistan.

Amerika mengaitkan penarikan pasukan dengan janji Taliban untuk menghentikan serangan, gencatan senjata dan ikutnya Taliban dalam perundingan damai dengan pemerintah Afghanistan dan kelompok-kelompok lain.

Kementerian LN Rusia mengatakan, satu hari sebelum pertemuan hari Rabu itu, wakil-wakil Taliban dan Afghanistan akan bertemu untuk memperingati ulang tahun ke-100 hubungan diplomatik antara Rusia dan Afghanistan. Sergei Lavrov, menteri LN Rusia akan menyampaikan pidato pembukaan dalam pertemuan itu, kata kementrian LN Rusia.

Pertemuan khusus itu akan dihadiri antara lain oleh bekas presiden Afghanistan Hamid Karzai, dan Mohammad karim Khalili, kepala dewan perdamaian tinggi Afghanistan, yang bertugas mengusahakan rekonsiliasi antara kelompok-kelompok oposisi.Beberapa diplomat pemerintah Afghanistan di Moskow juga akan hadir dalam pertemuan itu.

Kata jurubicara Taliban, kepala perwakilan Taliban di Qatar, Mullah Abdul Ghani Baradar akan memimpin delegasi yang beranggotakan 14 pejabat seniornya. (ii)

Recommended

XS
SM
MD
LG