Tautan-tautan Akses

Truk Tangki Meledak di Nigeria, 147 Orang Tewas


Sejumlah warga berkumpul di dekat lokasi ledakan yang disebabkan oleh truk tanki di Kota Majiya, Nigeria, pada 16 Oktober 2024. (Foto: AP/Sani Maikatanga)
Sejumlah warga berkumpul di dekat lokasi ledakan yang disebabkan oleh truk tanki di Kota Majiya, Nigeria, pada 16 Oktober 2024. (Foto: AP/Sani Maikatanga)

Gumpalan asap dan kobaran api terekam dalam video saksi mata semalam di Nigeria utara, setelah kecelakaan yang melibatkan truk tangki bahan bakar yang berujung maut.

Polisi dan layanan darurat negara itu mengatakan pada Rabu (16/10), pengemudi truk tangki kehilangan kendali atas kendaraannya, dan menyebabkan tumpahan bahan bakar yang meledak. Insiden tersebut menewaskan sedikitnya 147 orang dan melukai puluhan lainnya.

Kecelakaan itu adalah salah satu yang terburuk dalam beberapa waktu terakhir di negara terpadat di Afrika itu. Nigeria tengah berjuang melawan ancaman keamanan yang meluas dan krisis biaya hidup.

Truk tangki logam yang terbakar dan melengkung itu tetap berada di posisinya, setelah kecelakaan di lokasi sekitar 330 mil utara ibu kota Nigeria, Abuja.

Pemakaman massal diadakan untuk para korban tewas pada Rabu.

Banyak jalan di Nigeria yang tidak terawat dengan baik dan berlubang-lubang, yang menyebabkan kecelakaan yang merenggut puluhan nyawa setiap tahun.

Bulan lalu, sedikitnya 48 orang tewas di Nigeria utara-tengah, ketika sebuah truk tangki bahan bakar meledak setelah bertabrakan dengan truk lain yang membawa penumpang dan ternak, dan juga menjebak kendaraan lain dalam kebakaran tersebut. [ns/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG