Tautan-tautan Akses

Trump Bertahan, Upayakan Dana Pembangunan Tembok Perbatasan


Presiden AS Donald Trump di pelataran selatan Gedung Putih, Washington D.C., 6 Januari 2019.
Presiden AS Donald Trump di pelataran selatan Gedung Putih, Washington D.C., 6 Januari 2019.

Penutupan sebagian operasi pemerintah Amerika mencapai hari ke-17 pada hari Senin (7/1) sementara Presiden Donald Trump mempertahankan permintaannya akan uang untuk membangun tembok perbatasan dan Fraksi Demokrat di DPR mempersiapkan pemungutan suara untuk rancangan undang-undang baru yang bertujuan untuk membuka kembali operasi kantor-kantor yang ditutup.

Hari Senin, beberapa ratus ribu pegawai pemerintah tetap di tinggal rumah, sementara ratusan ribu lainnya terus melapor untuk bekerja tanpa mengetahui kapan mereka akan menerima gaji berikutnya.

Ketua DPR Nancy Pelosi mengatakan minggu ini dia akan memberikan suara untuk rancangan anggaran belanja secara sendiri-sendiri untuk membuka kembali kantor-kantor pemerintah yang tutup. Dia mengatakan prioritasnya adalah Departemen Keuangan dan Badan Pendapatan Internal. Tentang niatnya itu dia mengatakan “tindakan yang diperlukan untuk memastikan keluarga-keluarga pekerja menerima pengembalian pajak sesuai jadwal.”

Pemimpin Mayoritas Senat, Mitch McConnell, menolak paket DPR sebelumnya yang akan mendanai sebagian besar lembaga pemerintah hingga akhir September dan Departemen Keamanan Dalam Negeri selama sebulan untuk memungkinkan perundingan lebih lanjut mengenai keamanan perbatasan. McConnell menyebut rancangan itu sebagai “tidak layak dibahas.”

Fraksi Demokrat sebelumnya menawarkan dana $1,3 miliar untuk metode keamanan perbatasan, tetapi tidak $5 miliar yang diminta oleh Trump untuk membangun tembok di perbatasan Amerika-Meksiko. Fraksi Demokrat mengatakan bahwa tembok itu akan menjadi upaya yang tidak efektif dan mahal.

Trump menegaskan bahwa tembok itu diperlukan untuk menghentikan orang-orang menyeberang secara ilegal ke Amerika Serikat dari Meksiko, serta mencegah perdagangan narkoba dan terorisme.

Dia memuji pertemuan hari Minggu antara Wakil Presiden Mike Pence dan para pejabat Partai Demokrat tentang keamanan perbatasan, dan mengatakan bahwa jika Demokrat bersedia membuat kesepakatan, maka kesepakatan itu dapat dicapai “dalam 20 menit jika mereka mau.”

Kalau tidak, tambah Trump, penutupan operasi sebagian kantor pemerintah “akan berlangsung lama.” [lt]

XS
SM
MD
LG