Tautan-tautan Akses

Trump Kemungkinan Bertemu Zelenskyy Minggu Depan 


Donald Trump, saat menjabat sebagai Presiden AS, bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Kota New York, pada 25 September 2019. (Foto: AP/Evan Vucci)
Donald Trump, saat menjabat sebagai Presiden AS, bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Kota New York, pada 25 September 2019. (Foto: AP/Evan Vucci)

Kandidat presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan pada Rabu (18/9) bahwa ia "mungkin" akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, yang akan berada di AS minggu depan untuk berpidato di pertemuan Dewan Keamanan PBB mengenai perang Rusia di negaranya.

"Mungkin ya," kata Trump ketika ditanya wartawan apakah dia akan bertemu dengan pemimpin Ukraina itu. Trump tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Dalam beberapa bulan terakhir, beberapa pemimpin dunia yang mengunjungi AS untuk menghadiri pertemuan puncak dan pertemuan dengan Presiden Joe Biden akhirnya juga bertemu dengan Trump. Trump menghadapi Wakil Presiden Partai Demokrat Kamala Harris pada pemilu AS pada 5 November mendatang.

Zelenskyy mengatakan pada bulan Agustus bahwa dia ingin menyampaikan rencana perdamaian kepada Biden, Harris dan Trump. Meskipun Trump dan Zelenskiy berbicara melalui telepon pada bulan Juli, mereka belum pernah berbicara secara langsung sejak Trump menjabat pada tahun 2017-2021.

Trump secara konsisten menggambarkan bantuan AS kepada sekutunya di Eropa Timur itu sebagai pemborosan uang dan menolak mengatakan bahwa ia ingin Ukraina menang.

Trump akhir pekan ini akan hadir di sebuah acara bersama Presiden Polandia Andrzej Duda di Pennsylvania, salah satu negara bagian di Amerika Serikat yang dapat menentukan hasil pemilu presiden bulan November nanti. [ab/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG