Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Sambut Denmark ke dalam Kebijakan Pertahanan Bersama


Bendera nasional Denmark berkibar di Kopenhagen, Denmark, 22 Oktober 2019. (Foto: REUTERS/Andreas Mortensen)
Bendera nasional Denmark berkibar di Kopenhagen, Denmark, 22 Oktober 2019. (Foto: REUTERS/Andreas Mortensen)

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa pada hari Kamis (2/6) menyambut baik keputusan warga Denmark yang telah memberikan pilihan untuk mengizinkan negara itu bergabung dengan kebijakan pertahanan bersama Uni Eropa.

“Saya ingin memuji rakyat Denmark dan mengucapkan selamat kepada rakyat Denmark, karena kemarin mereka memilih dan menyatakan keinginan yang jelas untuk bergabung dengan pertahanan Uni Eropa,” kata Josep Borrell, kepala kebijakan luar negeri UE kepada para wartawan saat berkunjung ke Amman. “Ingat, Swedia dan Finlandia akan menjadi anggota NATO dan Denmark menjadi anggota Uni Pertahanan di dalam Uni Eropa. Itu akan membuat kita lebih kuat pada saat kita harus menghadapi serangan biadab Rusia terhadap Ukraina,” tambahnya.

Menteri luar negeri Denmark mengatakan pada hari Kamis (2/6) bahwa dia mengharapkan negara itu untuk bergabung dengan kebijakan pertahanan pada bulan Juli mendatang.

Pejabat Denmark melaporkan bahwa dua per tiga pemilih yang memberikan suara dalam referendum hari Rabu (1/6) mendukung keinginan untuk meninggalkan surat pernyataan berusia 30 tahun yang membuat Denmark (yang juga anggota UE) tidak masuk ke dalam kebijakan pertahanan Uni Eropa. [lt/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG