Tautan-tautan Akses

Ukraina Hancurkan 22 Drone Rusia


Dalam foto yang disediakan oleh layanan pers brigade Mekanik ke-24, tentara Ukraina bersiap menembakkan mortir 120 mm ke arah posisi Rusia di garis depan di lokasi yang dirahasiakan di wilayah Donetsk, Ukraina, 4 Juni 2024. (Oleg Petrasiuk/Brigade Mekanik 24 Ukraina via AP)
Dalam foto yang disediakan oleh layanan pers brigade Mekanik ke-24, tentara Ukraina bersiap menembakkan mortir 120 mm ke arah posisi Rusia di garis depan di lokasi yang dirahasiakan di wilayah Donetsk, Ukraina, 4 Juni 2024. (Oleg Petrasiuk/Brigade Mekanik 24 Ukraina via AP)

Militer Ukraina, Rabu (5/6) mengatakan pasukan Rusia menyerang dengan 22 drone pada malam sebelumnya. Para pejabat di wilayah Mykolaiv, Ukraina, melaporkan serangan itu menimbulkan kerusakan pada rumah-rumah.

Angkatan Udara Ukraina mengatakan pertahanan udara negara itu menembak jatuh seluruh 22 drone tersebut. Pencegatan itu berlangsung di wilayah Mykolaiv, Dnipropetrovsk, Kherson, Poltava dan Sumy.

Gubernur Mykolaiv Vitaliy Kim mengatakan di aplikasi Telegram bahwa puing-puing drone yang berjatuhan telah menghancurkan satu rumah dan merusak 10 lainnya. Tidak ada laporan mengenai korban luka.

Gubernur Poltava Filip Pronin melaporkan di Telegram bahwa serangan Rusia melukai satu orang dan merusak sebuah fasilitas industri.

Di Dnipropetrovsk, gubernur Serhiy Lysak mengatakan di Telegram bahwa serangan drone itu merusak lima rumah, tiga bangunan pertanian dan beberapa jaringan listrik.

Kementerian Pertahanan Rusia Rabu mengatakan telah menghancurkan dua drone Ukraina di wilayah Belgorod, dua drone di Kursk dan satu lagi di Voronezh. Tidak ada laporan mengenai korban jiwa.

Pembicaraan Zelenskyy

Presiden AS Joe Biden dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dijadwalkan bertemu pekan ini sewaktu kedua pemimpin tersebut berada di Prancis, kata penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan.

Pembicaraan itu akan diikuti pertemuan lainnya pekan depan sewaktu para pemimpin dari kelompok tujuh negara industri maju G-7 bertemu dalam sebuah KTT di Italia.

Sullivan mengatakan kepada wartawan bahwa Biden “akan melakukan dua dialog substantif dengan Presiden Zelenskyy,” termasuk pertemuan mengenai situasi sekarang ini di Ukraina dan bagaimana AS dapat “melanjutkan dan memperdalam” dukungannya.

Pertemuan kedua akan berlangsung tepat sebelum konferensi perdamaian Ukraina yang diselenggarakan oleh Swiss, yang tidak dihadiri Biden. Delegasi AS akan mencakup Wakil Presiden Kamala Harris dan Sullivan.

Sullivan mengatakan Ukraina memerlukan lebih banyak pertahanan udara, dan bahwa AS sedang berupaya memasoknya bersama dengan “aliran persenjataan yang berkelanjutan.”

Dukungan AS kali ini tidak mencakup rencana untuk mengirimkan pelatih militer AS ke Ukraina, kata Sullivan.

Rusia pada hari Selasa tidak mengesampingkan serangan terhadap para instruktur militer asing di Ukraina. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan para pelatih asing “tidak memiliki kekebalan.”

Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan kepada wartawan hari Selasa bahwa ia berharap pembicaraan G7 akan mencakup pembahasan mengenai penggunaan aset-aset Rusia yang dibekukan untuk membiayai upaya-upaya rekonstruksi di Ukraina. [uh/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG