Tautan-tautan Akses

Umrah Bareng Orang Ternama, Komersialisasi Ibadah?


Jemaah Umrah Indonesia di tanah suci, yang penting ada pembimbing (foto: courtesy)
Jemaah Umrah Indonesia di tanah suci, yang penting ada pembimbing (foto: courtesy)

Umrah bareng orang ternama, mulai dari ustaz kondang hingga artis, diyakini ampuh menarik calon jemaah. Namun tidak semua biro perjalanan melakukannya dan lebih banyak calon jemaah tidak peduli.

Ibadah bersama orang ternama banyak ditawarkan biro-biro perjalanan Umrah dan Haji. Pekan lalu, misalnya, Ustaz Abdul Somad – lebih dikenal sebagai UAS, pergi umrah. Ia dilaporkan menarik sampai ribuan jemaah untuk umrah bareng.

Dalam waktu hampir bersamaan, biro perjalanan Garuda Abadi alias Gardi, yang telah beroperasi lebih dari 15 tahun, mengajak Aunur Rofiq Lil Firdaus, yang lebih dikenal sebagai Opick Tombo Ati. Pimpinan Gardi, Aris Merisdel Muslim, mengatakan ini petama kali perusahaannya menawarkan umrah bareng orang ternama, yang ia sebut brand ambassador.

“Kita melakukan itu pada saat ini, saat miladnya Gardi saja, dengan acara muhasabah,” jelasnya.

Total, 41 jemaah tercakup dalam program umrah Munajat bareng Opick. Dijadikan daya tarik, penyanyi, penulis lagu dan aktor itu mengatakan ia menilai fenomena umrah bareng sebagai hal baik.

Opick diserbu oleh jemaah Umrah, minta foto bareng (foto: courtesy)
Opick diserbu oleh jemaah Umrah, minta foto bareng (foto: courtesy)

Secara pribadi, kata Opick, ia merasa ajakan itu adalah undangan Allah untuk ke tanah suci sehingga ia bisa beribadah.

“Jangan pernah menghilangkan niatan awal untuk kita datang menjadi tamu Allah. Saya ingatkan kepada jemaah, bukan karena figur ini kamu datang, tetapi kamu datang karena Allah. Saya hanya menemani,” tandas Opick.

Opick melihat sisi baik keterlibatan orang-orang terkenal, baik ustaz maupun artis. Mereka, katanya, bisa mengajak masyarakat “daripada mereka harus jalan kemana-mana.” Orang-orang ini juga bisa menjadi perekat sekaligus penyemangat.

Jemaah Umrah, mengedepankan ibadah walau tanpa figur terkenal (foto: courtesy)
Jemaah Umrah, mengedepankan ibadah walau tanpa figur terkenal (foto: courtesy)

Opick juga menepis penilaian negatif bahwa apa yang dilakukan orang-orang ternama itu mengkomersialkan ibadah. Imbalan materi, menurutnya, urusan belakangan. Ia mengaku pernah menerima tetapi juga pernah tidak mendapat imbalan.

“Sebenarnya ini satu kesempatan, dengan cara apapun, kamu datang ke Mekah Madinah, ini kesempatan kamu untuk mendekat kepada Allah,” imbuhnya.

Medayuti Pertiwi (foto: courtesy)
Medayuti Pertiwi (foto: courtesy)

Madayuti Pertiwi tergabung dalam program Umrah Munajat bersama Opick. Namun, ia menyatakan, bukan keberadaan artis itu yang menggerakkannya umrah bersama suami, kedua anak, dan dua pengasuh anaknya.

“Kalau saya pribadi memang niatnya, saya ingin umrah. Saya bukan penggemar artis. Jadi keberadaan Opick bukan suatu daya tarik,” ungkapnya.

Sebagian besar jemaah yang ditemui seusai melaksanakan umrah mengaku tidak menjadikan orang ternama sebagai penentu dalam keputusan pergi ke tanah suci. Namun, mereka menyatakan akan meminta foto bareng, kalau memang bertemu.

Kholis Novriyathien sedang umrah dan bertemu Opick di tanah suci. Ia senang namun menyatakan landasannya tetap ibadah.

Medayuti Pertiwi, umrah bareng keluarga (foto: courtesy)
Medayuti Pertiwi, umrah bareng keluarga (foto: courtesy)

“Ah kita mah gak mentingin orang ternamanya. Gak terpengaruh dengan figur seseorang. Kalau dari artis mah, enggak sih. Biasa aja. Enggak foto dengan Opick,” kata Kholis.

Kalau kebetulan pas dengan agenda perjalanan, Kholis dan Madayuti menyatakan ingin bareng ustaz ternama. Masing-masing menyebut nama ustaz yang berbeda. Mereka merasa akan mendapat nilai tambah, beribadah dengan bimbingan ulama kondang. [ka/ab]

Umrah Bareng Orang Ternama, Komersialisasi Ibadah?
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:28 0:00

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG