Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Terima Komitmen Apple Soal Akses Pembayaran “Tap to Pay”


FILE - Logo Apple di sebuah toko di pusat kota Munich, Jerman, 16 Desember 2020. (Matthias Schrader/AP)
FILE - Logo Apple di sebuah toko di pusat kota Munich, Jerman, 16 Desember 2020. (Matthias Schrader/AP)

Uni Eropa mengatakan mereka menerima janji Apple untuk membuka sistem pembayaran iPhone "tap to pay" bagi para pesaingnya sebagai cara untuk menyelesaikan kasus antimonopoli dan menghindari denda yang cukup besar.

Komisi Eropa, yang merupakan badan eksekutif Uni Eropa dan penegak antimonopoli tertinggi, pada hari Kamis (11/7) mengatakan mereka menerima komitmen yang ditawarkan Apple pada awal tahun ini dan akan menjadikannya mengikat secara hukum.

Komisi itu pada tahun 2022 telah menuduh Apple menyalahgunakan posisi dominannya dengan membatasi akses ke teknologi pembayaran selulernya.

Apple menanggapi hal itu bulan Januari lalu dengan mengusulkan untuk mengizinkan “mobile wallet” dan penyedia layanan pembayaran pihak ketiga mengakses fungsi pembayaran nirsentuh di sistem operasi iOS-nya. Apple mengubah proposalnya dengan melakukan pengujian dan mendapat masukan. Komisi Eropa mengatakan mereka menyimpulkan bahwa komitmen akhir Apple akan mengatasi masalah persaingan tersebut.

“Mobile wallet” adalah versi digital dari dompet yang menyimpan informasi pembayaran dan lainnya di telpon pintar atau piranti bergerak lainnya. Informasi yang dapat disimpan itu mencakup antara lain kartu debit dan kredit, kartu identitas, kartu izin mengemudi (SIM), gift cards, loyalty cards, tiket pertunjukkan dan lainnya.

Wakil Presiden Eksekutif Komisi Eropa Margrethe Vestager, yang bertanggungjawab penuh atas Eropa yang cocok untuk era digital; dan Komisaris Persaingan, menyampaikan informasi ini kepada wartawan, “komitmen ini membawa perubahan penting terhadap cara Apple operasi di Eropa, demi keuntungan pesaing dan pelanggannya.”

Perubahan yang dilakukan Apple itu akan berlaku selama sepuluh tahun di 27 negara anggota Uni Eropa, ditambah Islandia, Norwegia dan Liechtenstein. Perubahan ini akan dipantau oleh sebuah badan perwalian (trustee).

Dalam sebuah pernyataan Apple mengatakan mereka memberikan pilihan kepada para pengembang teknologi itu di Eropa untuk mengaktifkan pembayaran dan transaksi nirsentuh untuk berbagai aplikasi. Sementara Apple Pay dan AppleWallet akan terus tersedia untuk pengguna dan pengembang ini. [em/ab]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG