Tautan-tautan Akses

Warga Mesir Nikmati Suguhan Manis Tradisional Bulan Ramadan


Hidangan manis pencuci mulut khas Mesir, kunafa.
Hidangan manis pencuci mulut khas Mesir, kunafa.

Kebanyakan umat Islam menikmati hidangan manis pencuci mulut pada saat berbuka puasa.  Tidak ketinggalan, warga Mesir juga ikut menikmati suguhan manis tradisional mereka di bulan suci Ramadan.

Warga setempat di Kairo pergi ke toko-toko untuk membeli hidangan pencuci mulut tradisional mereka di bulan Ramadan.

Kunafa, qatayef dan baklava selalu populer dalam bulan puasa dan ikut disuguhkan dalam hidangan berbuka puasa di kebanyakan rumah warga Mesir.

Kunafa dan qatayef merupakan dua hidangan pencuci mulut yang paling digemari, yang terbuat dari campuran terigu, air dan susu bubuk.

Reham Mohamed, yang tinggal di Kairo, termasuk yang berbelanja camilan manis itu.

"Hari ini kami pergi salat di masjid. Akhirnya masjid kembali dibuka. Alhamdulillah bahwa masjid dibuka kembali bagi perempuan. Kami salat Tarawih. Ini merupakan hal yang sangat indah dan sebelumnya kami merasa ada sesuatu yang hilang. Kami kini dapat merasakan Ramadan. Tentu saja kami pergi ke toko untuk membeli kunafa dan qatayef. Ini merupakan ritual di bulan Ramadan. Setiap Ramadan, kami harus melakukannya," jelasnya.

HIdangan manis khans Mesir, baklava, nikmat untuk disantap saatr berbuka puasa Ramadan.
HIdangan manis khans Mesir, baklava, nikmat untuk disantap saatr berbuka puasa Ramadan.

Amani Bekhet, warga Kairo juga ikut membeli suguhan manis tersebut. Baginya, suasana Ramadan itu sangat indah. "Setiap tahun Anda dalam keadaan baik dan Anda bermurah hati saat Ramadan. Kami membeli qatayef seperti halnya Anda dan suasana Ramadan itu indah. Mesir adalah sebuah mahakarya dan semoga Tuhan membuat kita mengasihi satu sama lain," tuturnya.

Om Yasmin, seorang pemilik toko Kunafa Qatayef, mengatakan ada permintaan yang besar untuk suguhan manis tradisional tersebut saat bulan Ramadan.

"Baladi kunafa hanya tersedia sekali dalam tahun. Ada permintaan yang besar untuk baladi kunafa dan Anda lihat, banyak orang yang membelinya karena mereka tidak menyantapnya kecuali pada saat Ramadan, yaitu qatayef, baladi dan kunafa," katanya. [lj/uh]

XS
SM
MD
LG