Tautan-tautan Akses

Zelenskyy Pecat Seorang Komandan Militer, Serukan Perubahan Cepat Operasi Militer Ukraina


Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy menghadiri konferensi pers di Kyiv, Ukraina, pada 4 November 2023. (Foto: AP/Efrem Lukatsky)
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy menghadiri konferensi pers di Kyiv, Ukraina, pada 4 November 2023. (Foto: AP/Efrem Lukatsky)

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Minggu (19/11) menuntut perubahan cepat operasi militer Ukraina. Ia juga mengumumkan pemecatan komandan pasukan medis militer.

Langkah Zelenskyy diumumkan ketika ia bertemu dengan Menteri Pertahanan Ukraina Rustem Umerov dan bertepatan dengan perdebatan mengenai pelaksanaan perang selama 20 bulan terakhir melawan Rusia, termasuk pertanyaan tentang seberapa cepat serangan balasan di timur dan selatan Ukraina dapat dilakukan.

“Dalam pertemuan hari ini dengan Menteri Pertahanan Umerov, prioritas telah ditetapkan,” kata Zelenskyy dalam pernyataan video hariannya. “Hanya ada sedikit waktu tersisa untuk menunggu hasilnya. Tindakan cepat diperlukan untuk perubahan pada masa depan.”

Zelenskyy mengatakan dirinya telah mengganti Mayor Jenderal Tetiana Ostashchenko sebagai komandan Pasukan Medis Angkatan Bersenjata.

“Tugasnya jelas, seperti yang telah berulang kali ditekankan di masyarakat, khususnya di kalangan petugas medis tempur, kita memerlukan tingkat dukungan medis baru secara mendasar bagi tentara kita,” ujarnya.

Hal ini, ungkapnya, termasuk sejumlah isu, seperti tali pembendung pendarahan (tourniquet) yang lebih baik, digitalisasi dan komunikasi yang lebih baik.

Umerov mengakui perubahan tersebut melalui aplikasi pesan Telegram dan menetapkan digitalisasi, “pengobatan taktis” dan rotasi prajurit sebagai prioritas utama.

Militer Ukraina melaporkan apa yang disebutnya sebagai kemajuan dalam perebutan kembali daerah-daerah yang diduduki di sisi timur dan selatan. Militer Ukraina juga mengakui pada pekan lalu bahwa pasukan mereka telah mengambil alih daerah-daerah di tepi timur Sungai Dnipro di wilayah selatan Kherson.

Panglima Ukraina Jenderal Valery Zaluzhniy, dalam sebuah esai yang diterbitkan bulan ini, mengatakan bahwa perang sedang memasuki tahap baru dan Ukraina membutuhkan teknologi yang lebih canggih untuk menghadapi militer Rusia.

Meskipun berulang kali mengatakan bahwa kemajuan akan memerlukan waktu, Zelenskyy membantah bahwa perang tersebut sedang bergerak menuju jalan buntu. Ia meminta mitra-mitra Kyiv di Barat, terutama Amerika Serikat, untuk mempertahankan tingkat dukungan militer mereka.

Ostashchenko digantikan oleh Mayor Jenderal Anatoliy Kazmirchuk, kepala klinik militer di Kyiv.

Pencopotannya dilakukan seminggu setelah sebuah saluran berita Ukraina melaporkan bahwa pemecatannya, serta beberapa orang lain, akan segera dilakukan setelah mewawancarai sejumlah paramedis dan pejabat lain yang bertanggung jawab memberikan dukungan kepada militer Ukraina. [rd/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG