Tautan-tautan Akses

Zelenskyy Sindir Sekjen PBB Guterres dalam Pidatonya


Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (foto: dok).
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (foto: dok).

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyindir secara tidak langsung Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dalam pidato malamnya pada hari Kamis (24/10).

“Hari ini, pada Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa, penting bagi dunia untuk tidak melupakan tujuan dan prinsip Piagam PBB dan tujuan pembentukan organisasi ini. Meskipun beberapa pejabatnya mungkin memprioritaskan godaan di Kazan daripada isi Piagam PBB, dunia kita dibangun sedemikian rupa sehingga hak-hak bangsa dan norma-norma hukum internasional menjadi penting, dan akan terus menjadi penting.” kata presiden Ukraina itu.

Guterres menyerukan “perdamaian yang adil” di Ukraina, sejalan dengan Piagam PBB, hukum internasional, dan resolusi Majelis Umum pada pertemuan puncak BRICS, yang dihadirinya di kota Kazan, Rusia, minggu ini.

Zelenskyy juga menegaskan kembali usulan rencana kemenangannya, “Rencana Kemenangan ini ditujukan kepada mitra-mitra kami – pada kepastian mereka mengenai posisi Ukraina dalam arsitektur keamanan, apakah mereka siap bagi Ukraina untuk menang, dan apakah mitra-mitra ingin melihat sistem keamanan pascaperang benar-benar dapat diandalkan. Rencana Kemenangan – jika dilaksanakan oleh mitra-mitra kami – akan memberikan semua jawaban.” [lt/ka]

Forum

XS
SM
MD
LG