Tautan-tautan Akses

Zelenskyy Temui Putra Mahkota Arab Saudi di Riyadh


Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menemui Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman di Riyadh hari Selasa (27/2).
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menemui Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman di Riyadh hari Selasa (27/2).

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menemui Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) di Riyadh, hari Selasa (27/2), untuk membahas invasi Rusia ke Ukraina yang sudah memasuki tahun ketiga.

Melalui aplikasi Telegram, Zelenskyy mengatakan bahwa topik utama pertemuan itu adalah kerangka Formula Perdamaian Kyiv untuk mengakhiri invasi, serta dipulangkannya para tawanan dan orang-orang yang dideportasi.

Kantor berita pemerintah Saudi mengatakan, dalam pertemuan itu, putra mahkota “menegaskan keinginan dan dukungan Kerajaan pada semua usaha dan upaya untuk menyelesaikan krisis Ukraina-Rusia, mencapai perdamaian, dan meneruskan upaya untuk berkontribusi dalam mengatasi dampak kemanusiaan yang disebabkannya.”

Kyiv berharap dapat menyelenggarakan KTT Perdamaian di Swiss dengan melibatkan para pemimpin negara pada musim semi mendatang.

Arab Saudi sebelumnya sempat menjadi penengah dalam pertukaran tahanan antara Ukraina dan Rusia. Zelenskyy yakin pertemuannya dengan MBS pada Selasa akan “membawa hasil.” [rd/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG