AS Catat Rekor Pengangguran Tertinggi dalam 26 Tahun

Perusahaan-perusahaan di Amerika terus melakukan PHK, mendorong tingkat pengangguran negara itu mencapai tingkat tertinggi dalam 26 tahun, yaitu 9,8 persen.

Departemen tenaga kerja Amerika hari ini menyatakan para pengusaha memangkas 263,000 pekerjaan pada bulan September, dengan jumlah terbesar pada sektor jasa, termasuk bank, restoran dan retail.

Amerika sekarang telah kehilangan 7,2 juta pekerjaan sejak resesi dimulai pada bulan Desember 2007. Data baru itu memicu kekawatiran bahwa besarnya penggangguran dalam mengancam pemulihan ekonomi.

Pejabat tinggi Amerika memperingatkan bahwa setiap pemulihan ekonomi akan lambat dan tidak berimbang. Sebagian telah meramalkan tingkat pengangguran Amerika akan melampaui 10 persen sebelum situasi membaik.

Juga pada hari Kamis, Departemen Perdagangan Amerika menyatakan pesanan barang buatan pabrik turun untuk pertama kalinya dalam 5 bulan, turun 0,8 persen pada bulan Agustus.

Pesanan untuk barang tahan lama, yang dapat digunakan beberapa tahun, turun 2,6 persen, penurunan paling tajam sejak Januari.