ADL: Hampir 1 dari 4 Orang Eropa Berpandangan Anti-Semit

Orang-orang mengadakan pawai melawan anti-Semitisme di dekat sebuah monumen untuk memperingati para korban salah satu pembantaian tunggal terbesar Yahudi selama Holocaust Nazi, di Kyiv, Ukraina, 13 April 2018. (Foto: Reuters)

Hampir satu dari empat orang Eropa berpandangan anti-Semit, demikian hasil survei yang dirilis Liga Anti-Pencemaran Nama Baik, Anti-Defamation League (ADL), Kamis (21/11).

Survei tersebut dilakukan di 14 negara Eropa dan didapati, Polandia memiliki tingkat bias tertinggi dengan 48 % populasi berpandangan anti-Semit dibandingkan dengan 37 % pada 2015.

Kenaikan bahkan lebih tinggi di Ukraina -dari 32 % menjadi 46% pada 2016. Pandangan di Hongaria tetap tinggi, naik menjadi 42 % dari 40 %.

BACA JUGA: Protes Menentang Anti-Semit setelah Serangan atas Sinagoge di Jerman

Survei mendapati, pandangan anti-Semit tetap sama atau sedikit menurun di Eropa Barat.

Di Denmark, angka itu naik dari 8% menjadi 10%, di Belgia dari 21% menjadi 24%, di Prancis tetap 17%, dan tingkat terendah terdapat di Swedia dengan 4%.

Muslim yang tinggal di Belgia, Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, dan Inggris cenderung lebih anti-Semit daripada negara-negara itu secara keseluruhan.

Survei mendapati, sikap anti-Semit tidak selalu mengarah pada kekerasan. Serangan terhadap orang Yahudi jarang terjadi di Polandia dan Hongaria, tetapi naik 10 % di Jerman tahun lalu. [ka/pp]