Aktris Olivia Colman Kenang Nasihat Terbaik yang Dia Terima dan Berikan tentang Menjadi Ibu

  • Associated Press

Olivia Colman berpose dengan penghargaan Emmy-nya untuk Aktris Utama Terbaik dalam Serial Drama, di belakang panggung di Netflix UK Primetime Emmy untuk "The Crown", di London, Inggris, 20 September 2021. (Foto: Reuters)

Aktris Olivia Colman mengatakan nasihat terbaik yang dia berikan kepada orang yang baru pertama kali menjadi orang tua adalah "terima bantuan" kalau itu membuat kita sempat tidur. Dia mengenang nasihat paling jujur yang ia berikan, dan yang pernah ia terima, tentang menjadi seorang ibu.

Kita bisa menyaksikan akting aktris peraih Oscar Olivia Colman dalam "The Lost Daughter," film karya sutradara Maggie Gyllenhaal. Dalam film tersebut, Olivia berperan sebagai seorang wanita yang diliputi oleh kenangan akan pilihan sulit dan tidak biasa yang dibuatnya sebagai seorang ibu dan konsekuensinya bagi diri dan keluarganya.

Olivia dan Jessie Buckley sama-sama berperan sebagai Leda dalam tahap kehidupan yang berbeda. Leda digambarkan sebagai orang yang terkadang terlalu jujur.

Olivia Colman tiba di Oscar pada Minggu, 9 Februari 2020, di Dolby Theatre di Los Angeles. (Foto: Jordan Strauss/Invision/AP)

Sebagai ibu dari tiga anak, Olivia masih ingat kata-kata yang disampaikan kepadanya ketika ia sedang gugup menghadapi kelahiran bayi pertamanya. Ibunya mencoba meyakinkannya tentang persalinan dengan mengatakan, "'Ini seperti mengupas kacang polong.' Itu tidak benar dan saya sangat marah kepadanya karena itu," cetus Olivia. "Ketika teman-teman saya hamil, saya memberi tahu mereka 'ini tidak seperti mengupas kacang polong.'”

Ia juga menyarankan orang yang baru menjadi orang tua agar mau menerima tawaran pengasuhan anak dari keluarga dan kerabat supaya mereka sempat tidur karena orang yang baru punya bayi biasanya kurang tidur.

"Jujur saya katakan, itulah yang terjadi. Kalian kurang tidur. Saya tahu kalian semua tahu tentang itu tetapi enggan minta tolong. Kalau seorang nenek ingin menggendong bayi dan kalian bisa tidur, lakukan! Terima saja bantuan dari orang yang kita percaya. Tidur menjadi hal yang paling berharga di dunia."

BACA JUGA: 'Ted Lasso,' 'The Crown,' 'Queen's Gambit' Berjaya di Penghargaan Emmy

Olivia mengaku pernah menerima peringatan mengerikan, tetapi untungnya tidak terjadi, tentang perasaannya terhadap anak-anak.

"Seseorang pernah mengatakan bahwa kita mencintai anak-anak kita tetapi terkadang kita tidak menyukai mereka. Dan itu, oh, benar. Menurut saya, saya sangat beruntung karena saya benar-benar sayang pada anak-anak saya, jadi itu bagus."

Juga dibintangi Dakota Johnson, "The Lost Daughter" tayang di bioskop Inggris pada 17 Desember dan di Netflix mulai 31 Desember. [ka/ab]