Al-Shabab Serang Pangkalan Udara yang Digunakan Militer AS

Suasana di ibukota Mogadishu, Somalia, Senin, 30 September 2019, pasca serangan bom mobil terhadap konvoi militer Uni Eropa.

Kelompok militan al-Shabab melancarkan serangan terhadap sebuah pangkalan udara yang digunakan militer AS yang mendukung pasukan Somalia.

Sejumlah sumber di dinas keamanan Somalia mengatakan, kelompok militan itu meledakan dua mobil bermuatan bom di bandara Ballidogle, di kawasan Lower Shabelle, sekitar 90 kilometer dari barat Mogadishu.

Al-Shabab mengeluarkan pernyataan yang mengklaim bertanggung jawab atas penyerbuan ke pangkalan itu.

Radio militer nasional Somalia, dalam sebuah cuitan di Twitter, mengatakan, al-Shabab meledakkan bomnya di luar pangkalan militer, dan pasukan Somalia dan mitranya dari AS berhasil menangkal serangan itu.

Duta Besar AS untuk Somalia Donald Y. Yamamoto mengutuk serangan tersebut dan memuji pasukan Somalia atas tindakan mereka menangkal aksi al-Shabab.

Kantor berita Associated Press melaporkan, AS menggunakan pangkalan itu untuk melancarkan serangan pesawat nirawak terhadap target-target al-Shabab.

Sementara itu, sebuah bom mobil meledak di ibukota, Mogadishu, menarget konvoi militer dekat akademi militer Jaalle Siyad. Sejumlah saksi mata mengatakan, bom mobil bunuh diri itu meledak dekat akademi itu, yang biasa digunakan pasukan internasional untuk melatih pasukan keamanan Somalia. [ab/uh]