Alasan Boeing Tentang Penyelesaian Kompensasi Ditolak Kerabat Korban 737 Max

  • Associated Press

Catherine Berthet, yang kehilangan putrinya dalam kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines yang menggunakan Boeing 737 Max pada Maret 2019, berbicara di luar gedung pengadilan di Fort Worth, Texas, Jumat, 11 Oktober 2024. (Foto: Dave Koenig/AP Photo)

Pengacara Boeing, Ben Hatch, mengatakan Boeing "adalah pilar perekonomian nasional dan pertahanan nasional". Oleh karena itu, penting bagi Boeing untuk mengetahui hukumannya sebelum menyetujui untuk mengaku bersalah bahwa pihaknya melakukan konspirasi untuk melakukan penipuan, sebuah kejahatan.

Para kerabat penumpang yang tewas dalam dua kecelakaan pesawat Boeing 737 Max datang ke pengadilan federal di Texas pada Jumat (11/10) untuk mendengarkan pengacara mereka yang meminta hakim agar membatalkan perjanjian pembelaan yang dibuat oleh produsen pesawat tersebut dengan jaksa. Pengacara para korban juga meminta pengadilan untuk mengadili perusahaan tersebut.

Pengacara mereka berargumen bahwa hukuman yang dijatuhkan kepada Boeing – terutama berupa denda sekitar $244 juta – akan terlalu ringan untuk tindakan menyesatkan regulator mengenai sistem kendali penerbangan yang tidak berfungsi sebelum kecelakaan terjadi. Mereka menuduh Boeing dan Departemen Kehakiman mengabaikan fakta dan mengabaikan bahwa 346 orang tewas dalam kecelakaan itu.

Hakim Distrik Amerika Serikat (AS) Reed O'Connor bertanya kepada pengacara Boeing mengapa ia harus menerima kesepakatan pembelaan yang sudah dikemas sebelumnya dan hukuman yang dinegosiasikan oleh terdakwa.

Pengacara Boeing, Ben Hatch, mengatakan Boeing "adalah pilar perekonomian nasional dan pertahanan nasional". Oleh karena itu, penting bagi Boeing untuk mengetahui hukumannya sebelum menyetujui untuk mengaku bersalah bahwa pihaknya melakukan konspirasi untuk melakukan penipuan, sebuah kejahatan. Jika tidak, katanya, perusahaan tersebut dapat dikeluarkan dari kontrak federal.

“Semua karyawan perusahaan, pemegang saham perusahaan dan rantai pasokan global dan nasional… semuanya diragukan jika hukumannya” tidak diketahui, mungkin selama berbulan-bulan, kata Hatch.

BACA JUGA: Keluarga Korban Ingin Boeing Bayar Denda Lebih Tinggi, Diadili oleh Sidang Juri

Jawaban tersebut mengejutkan dan membuat marah kerabat korban.

“Boeing terlalu penting bagi perekonomian – mereka terlalu besar untuk dipenjara. Itu yang dia katakan,” kata Michael Stumo, yang putrinya Samya meninggal dalam kecelakaan kedua, setelah persidangan.

“Hal ini memungkinkan mereka untuk membunuh orang tanpa konsekuensi karena mereka terlalu besar dan karena pemegang saham mereka tidak akan menyukainya.”

Pemerintah AS bersama dengan Boeing meminta hakim untuk menerima kesepakatan yang mereka buat pada Juli.

Sean Tonolli, wakil kepala senior bagian penipuan Departemen Kehakiman, mengatakan bahwa tuduhan konspirasi adalah kejahatan paling serius yang dapat diajukan oleh jaksa. Menurutnya, jaksa tidak dapat membuktikan bahwa penipuan Boeing terhadap regulator menyebabkan kecelakaan tersebut. Dan, katanya, membawa kasus itu ke pengadilan, berisiko.

“Kami yakin dengan kasus kami, tapi kami tidak menganggap remeh bahwa kami mungkin tidak akan menang,” katanya.

Para penyelidik menyelidiki puing-puing pesawat Ethiopian Airlines yang menggunakan pesawat Boeing 7373 Max 8, yang jatuh di selatan Addis Ababa, di Ethiopia, 12 Maret 2019. (Foto: Mulugeta Ayene/AP Photo)

Hakim, yang telah menerima argumen tertulis dari semua pihak sebelum sidang di Fort Worth, mengajukan pertanyaan, tetapi tidak memberikan indikasi apakah dia condong ke arah tertentu. Dia telah menyatakan simpatinya kepada keluarga penumpang sebelumnya, dengan menulis dalam putusannya pada 2023 tentang "perilaku kriminal Boeing yang mengerikan."

“Anda telah memberi saya banyak hal untuk dipikirkan,” kata O'Connor kepada semua pengacara saat sidang berakhir, Jumat. “Saya akan mengeluarkan putusan secepat mungkin.”

Pada Juli, Boeing setuju untuk mengaku bersalah atas satu tuduhan kejahatan konspirasi untuk melakukan penipuan. Boeing diduga menipu para regulator Administrasi Penerbangan Federal (FAA) yang menulis persyaratan pelatihan pilot untuk Max.

FAA menyetujui pelatihan minimal berbasis komputer untuk pilot Boeing 737 sebelum mereka dapat menerbangkan Max, versi terbaru dari 737. Hal itu membantu Boeing dengan menghindari perlunya pelatihan simulator penerbangan, yang akan meningkatkan biaya pengoperasian pesawat seri Max.

BACA JUGA: Boeing akan Mulai Merumahkan Massal Karyawan, Perundingan Mogok Kerja Buntu

Maskapai penerbangan mulai menerbangkan Max pada 2017. Kecelakaan pertama terjadi di Indonesia pada Oktober 2018, diikuti oleh kecelakaan kedua pada Maret 2019 di Ethiopia.

Perjanjian pembelaan mengharuskan Boeing membayar denda hingga $487,2 juta. Namun denda tersebut akan dipotong setengahnya dengan memberikan kredit kepada perusahaan sebesar $243,6 juta yang dibayarkan sebagai bagian dari penyelesaian senilai $2,5 miliar pada 2021 untuk menghindari penuntutan.

Departemen Kehakiman memutuskan pada Mei bahwa Boeing melanggar ketentuan penyelesaian tersebut, yang mengarah pada kesepakatan pembelaan baru.

Boeing, yang berbasis di Arlington, Virginia, juga akan menginvestasikan $455 juta dalam program kepatuhan dan keselamatan, dan menjalani masa percobaan selama tiga tahun. [ft]