Amerika Serikat Memasuki Musim Gugur 

  • Associated Press

Matahari terbit di belakang Monumen Washington pada hari terakhir musim panas di Washington, D.C., 22 September 2020. (Foto: J. David Ake/AP Photo)

The fall equinox atau titik balik musim gugur telah tiba pada Sabtu (23/9) lau, menandai dimulainya musim gugur di Belahan Bumi Utama.

Saat Bumi bergerak mengelilingi Matahari, Bumi bergerak pada suatu sudut. Hampir sepanjang tahun, sumbu Bumi miring ke arah atau menjauhi Matahari. Itu berarti kehangatan dan cahaya matahari jatuh secara tidak merata di bagian utara dan selatan planet ini.

Selama ekuinoks, sumbu Bumi dan orbitnya sejajar sehingga kedua belahan bumi mendapatkan jumlah sinar matahari yang sama.

BACA JUGA: Panel PBB akan Rilis Laporan Upaya Kekang Perubahan Iklim

Kata ekuinoks berasal dari dua kata dalam bahasa Latin yang berarti sama dan malam. Hal ini dikarenakan pada ekuinoks, siang dan malam berlangsung dalam waktu yang hampir sama, meskipun mungkin ada yang lebih lama beberapa menit, tergantung di mana kita berada di Bumi.

Ekuinoks musim semi atau musim semi di Belahan Bumi Utara dapat terjadi antara 19 dan 21 Maret, tergantung tahun. Ekuinoks musim gugur atau musim gugur dapat terjadi antara 21 dan 24 September.

Apa yang dimaksud dengan Titik Balik Matahari?

Titik balik matahari menandai saat-saat sepanjang tahun ketika Bumi mengalami kemiringan terkuat ke arah atau menjauhi matahari. Ini berarti kedua belahan bumi mendapatkan jumlah sinar matahari yang sangat berbeda, dan siang dan malam menjadi sangat tidak seimbang.

Sebuah pesawat yang bersiap mendarat di Bandara Internasional Los Angeles melintas di depan Bulan menjelang musim gugur di Belahan Bumi Utara, 18 September 2018. (Foto: Nick Ut/AP Photo)

Selama titik balik matahari musim panas di Belahan Bumi Utara, bagian atas bumi lebih miring ke arah matahari, menciptakan siang terpanjang dan malam terpendek sepanjang tahun. Titik balik matahari ini terjadi antara 20 dan 22 Juni.

Sementara itu, pada titik balik matahari musim dingin, Belahan Bumi Utara condong menjauh dari matahari, yang menyebabkan siang terpendek dan malam terpanjang sepanjang tahun. Titik balik matahari musim dingin terjadi antara 20 dan 23 Desember.

Apa Perbedaan Musim Meteorologi dan Astronomi?

Musim meteorologi ditentukan oleh cuaca. Musim ini membagi tahun menjadi musim tiga bulan berdasarkan siklus suhu tahunan. Berdasarkan kalender tersebut, musim semi dimulai pada 1 Maret, musim panas pada 1 Juni, musim gugur pada 1 September, dan musim dingin pada 1 Desember.

Sementara musim astronomi bergantung pada bagaimana Bumi bergerak mengelilingi matahari.

Ekuinoks, ketika matahari mendarat sama rata di kedua belahan bumi, menandai dimulainya musim semi dan musim gugur. Titik balik matahari, ketika Bumi mengalami kemiringan terkuatnya ke arah atau menjauhi matahari, mengawali musim panas dan musim dingin. [em/jm]