Apple Tawarkan Sistem Keamanan yang Lebih Baik pada Produk Barunya

Para tamu undangan tampak mengamati iPhone 14 dalam acara peluncuran produk baru Apple di markas mereka di Cupertino, California, pada 7 September 2022. (Foto: Reuters/Carlos Barria)

Apple, pada Rabu (7/9), menghindari kenaikan harga atas produknya yang paling laku, iPhone, dalam peluncuran produk terbesarnya tahun ini. Apple memfokuskan diri pada peningkatan keamanan daripada menambah spek teknis baru yang menarik perhatian, terkecuali produk jam tangan barunya yang fokus pada konsep petualangan.

Produsen iPhone itu memusatkan perhatian pada teknologi keamanan, seperti kemampuan mendeteksi kecelakaan mobil dan memanggil bala bantuan dari puncak gunung terpencil untuk menambah daya pikat perangkatnya. Apple memosisikan dirinya sebagai merek yang bisa membuat pengguna bersenang-senang dan bertualang dengan jaring pengamanan yang kuat.

BACA JUGA: Apple Keluarkan Peringatan Keamanan untuk iPhone

Fitur tak kasat mata seperti itu “adalah hal-hal yang membuat Anda tidak hanya menginginkan produk ini untuk diri Anda sendiri, tetapi juga untuk orang-orang terkasih,” kata Ben Baj, kepala konsumen teknologi di lembaga analisis pemasaran Creative Strategies.

“Pada akhirnya, peningkatan penekanan pada aspek keamanan – keamanan sebagai layanan – sangat menarik sebagai sebuah nilai jual.”

Jajaran seri iPhone yang menyumbang separuh dari total pendapatan Apple mendapat penyesuaian kamera dan masa pakai baterai, meskipun hanya jenis iPhone Pro yang mendapat peningkatan chip prosesor yang benar-benar baru.

Harga iPhone 14 sama seperti model iPhone 13 tahun lalu. Akan tetapi kali ini Apple tidak menawarkan jenis termurahnya, iPhone Mini, yang artinya jenis seri iPhone baru paling murah tahun ini harganya $100 lebih tinggi dari tahun lalu.

iPhone 14 dibanderol mulai dari $799, sedangkan iPhone 14 Plus berada di kisaran $899. Keduanya dapat mulai dipesan pada 9 September. Sementara itu, iPhone Pro, yang akan dibanderol dengan harga $999, dan iPhone Pro Max ($1,099) akan mulai ditawarkan pada 16 September.

Your browser doesn’t support HTML5

Perangkat Biowearable untuk Pantau Kesehatan Pengguna

Apple mengatakan, fitur satelit SOSnya akan bekerja dengan responden darurat. Perusahaan itu juga mengatakan bahwa pengguna akan bisa menggunakan aplikasi FindMy untuk membagikan lokasi mereka via satelit ketika mereka tidak memiliki sambungan lain.

Layanan itu akan digratiskan selama dua tahun pada iPhone 14, tapi Apple tidak mengatakan nasibnya setelah melampaui tenggat itu.

Saham Globalstar melonjak 20 persen pada hari Rabu (7/9) setelah perusahaan layanan satelit itu mengumumkan akan menjadi operator satelit untuk layanan SOS darurat Apple. [rd/rs]