5 Negara Artik Adakan Pertemuan di Kanada

Lima negara yang berbatasan dengan Samudera Artik berkumpul, membicarakan perbatasan maritim, penanganan bencana, dan masalah lain.

Para menteri luar negeri dari lima negara yang berbatasan dengan samudera Artik telah mengadakan pertemuan dekat ibukota Kanada, Ottawa, untuk membicarakan perbatasan maritim, penanganan bencana, dan masalah lain.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton hari Senin bertemu dengan para menteri luar Negeri Kanada, Denmark, Norwegia dan Russia. Pertemuan diadakan sementara ada keluhan bahwa organisasi-organisasi penduduk asli serta negara-negara lain yang mempunyai kepentingan di Artik seperti Findlandia, Eslandia dan Swedia, tidak diundang.

Clinton mengatakan dalam pernyataan yang disiarkan sebelumnya hari itu bahwa pembicaraan internasional yang penting mengenai masalah Artik hendaknya mencakup negara-negara yang mempunyai kepentingan yang sah di kawasan itu. Clinton mengatakan dia berharap negara-negara Artik akan selalu menunjukkan kemampuan bekerjasama, bukan menciptakan pengotakan baru.

Negara tuan rumah Kanada mengatakan para peserta dalam pertemuan itu tidak bermaksud membentuk sebuah kelompok yang permanen atau menggantikan Dewan Artik yang lebih luas, di mana Findlandia, Eslandia dan Swedia turut sebagai anggota.