AS Akan Dukung Pemerintah Haiti yang Inklusif dan Kredibel

Pierre Gary Bernadotte, anggota partai politik PHTK presiden yang terbunuh, membawa bunga ke sebuah tempat di luar istana presiden untuk mengenang mendiang Presiden Jovenel Moise di Port-au-Prince, Haiti, Rabu, 14 Juli 2021. (Foto: AP)

Amerika akan mendukung pemerintah Haiti yang inklusif dan kredibel, kata Laura Lochman, wakil asisten menteri luar negeri untuk Urusan Belahan Barat, kepada VOA, Rabu (15/7).

Lochman adalah bagian dari delegasi Amerika yang dikirim Presiden Joe Biden ke Haiti pada 11 Juli sebagai tanggapan atas permintaan bantuan dari pemerintah Haiti setelah pembunuhan Presiden Jovenel Moise pekan lalu.

Delegasi Amerika bertemu penjabat Perdana Menteri Haiti Claude Joseph, Perdana Menteri yang ditunjuk Ariel Henry dan Senator Joseph Lambert.

Senator itu menulis pesan di Twitter, bahwa ia telah bertemu delegasi Amerika dan bahwa mereka "menghargai" resolusi Senat Haiti yang menunjuknya sebagai presiden sementara Haiti.

Di Port-au-Prince, satu komisi yang terdiri dari perwakilan semua sektor masyarakat sipil Haiti berencana bertemu Kamis untuk menandatangani kesepakatan politik yang akan menunjuk presiden baru.

Ted Saint Dic, salah seorang penitia pertemuan mendatang itu, kepada wartawan mengatakan bahwa kelompok itu berencana bertemu 10 senator Haiti yang masa jabatannya belum berakhir. [ka/ft]