AS dan Afghanistan Lakukan Pertukaran Tahanan: Taliban

Amir Khan Muttaqi, Menteri Luar Negeri yang ditunjuk Taliban, dalam upacara pembebasan Bashir Noorzai, seorang tahanan senior Taliban yang ditahan di sebuah penjara Amerika, di Hotel Intercontinental, di Kabul, Afghanistan, Senin, 19 September 2022. (AP/Ebrahim Noroozi)

Seorang veteran angkatan laut Amerika yang ditahan di Afghanistan selama lebih dari dua tahun dibebaskan oleh Taliban pada Senin dengan imbalan sekutu penting, kata Menteri Luar Negeri Afghanistan Amir Khan Muttaqi.

Mark Frerichs bekerja sebagai insinyur sipil pada proyek konstruksi di Afghanistan ketika "disandera" pada 2020, kata Amerika sebelumnya.

"Setelah negosiasi panjang, warga negara Amerika Mark Frerichs diserahkan kepada delegasi Amerika dan delegasi itu menyerahkan (Bashar Noorzai) kepada kami hari ini di bandara Kabul," kata Muttaqi dalam acara di ibu kota untuk mengumumkan pertukaran tersebut.

BACA JUGA: Taliban Afghanistan Bebaskan 5 Warga Inggris dari Tahanan

Taliban merebut kekuasaan di Afghanistan sedikit lebih dari setahun yang lalu ketika Amerika dan NATO keluar dari negara itu setelah 20 tahun intervensi militer. Belum ada negara yang mengakui pemerintahan baru. Amerika berulang kali mengatakan kepada Taliban bahwa mereka harus "mendapatkan" legitimasi.

Departemen luar negeri Amerika sebelumnya menggambarkan pembebasan veteran itu sebagai salah satu "prioritas inti pemerintah dan tidak dapat dinegosiasikan".

Noorzai, komandan perang dan rekan Taliban, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena menyelundupkan heroin dan telah menjalani hukuman 17 tahun dalam penjara Amerika.

Meskipun tidak memegang jabatan resmi, ia telah "memberi dukungan kuat termasuk senjata" kepada Taliban pada 1990-an, kata juru bicara pemerintah Zabihullah Mujahid kepada kantor berita AFP. [ka/uh]