AS: Tidak Ada Ancaman yang Jelas Terhadap NATO dari Kelompok Tentara Bayaran Wagner

Juru bicara keamanan nasional, John Kirby, berbicara dalam konferensi pers di Gedung Putih, Washington, pada 17 Juli 2023. (Foto: Reuters/Evelyn Hockstein)

Menurut Amerika Serikat, belum jelas ancaman teritorial apa yang ditimbulkan pasukan Wagner di Eropa, kata juru bicara keamanan nasional, John Kirby, pada Rabu (16/8).

Ketika ditanya tentang pergerakan pasukan Kelompok Wagner, Kirby mengatakan, sejumlah kontingen kelompok itu tetap dikerahkan di Afrika, beberapa lainnya ke Belarus, dan beberapa sisanya bisa jadi masih berada di Ukraina atau sekitarnya.

Laksamana Muda Kirby mengatakan, pemerintah AS memerhatikan “tindakan provokatif” dan retorika Minsk yang agresif.

BACA JUGA: Polandia akan Kirim 2.000 Tentara Tambahan ke Perbatasan Belarus

Pada hari Rabu, Lituania memutuskan untuk menutup dua dari enam titik penyeberangan perbatasannya dengan Belarus karena “keadaan geopolitik,” beberapa minggu setelah kelompok tentara bayaran Rusia itu berlindung di Belarus.

Pemerintah Lithuania tidak menguraikan keadaan atau ancaman yang dimaksud sehingga mendorongnya menutup dua titik penyeberangan perbatasannya mulai hari Jumat (18/8), yang selama ini tidak digunakan oleh kendaraan komersial. [rd/lt]