AS, Tiongkok Sepakat Perketat Sanksi terhadap Korut

AS dan Tiongkok akan memperketat sanksi terhadap Korea Utara atas peluncuran roketnya tanggal 12 Desember 2012 lalu (foto: dok).

Kedua negara mencapai persetujuan untuk memperketat sanksi internasional terhadap Korea Utara atas peluncuran roketnya bulan Desember lalu.
Para diplomat di PBB mengatakan Amerika Serikat telah mencapai persetujuan dengan Tiongkok untuk memperketat sanksi internasional terhadap Korea Utara atas peluncuran roketnya bulan Desember.

Para diplomat mengatakan Amerika Serikat telah mengedarkan rancangan resolusi kepada ke-15 anggota Dewan Keamanan PBB. Dewan mungkin akan melakukan pemungutan suara sedini hari Selasa untuk menghukum Korea Utara atas peluncuran tersebut.

Mereka mengatakan resolusi itu akan mengutuk peluncuran tersebut dan memperluas sanksi yang sudah berlaku. Tetapi, tidak jelas apakah Dewan Keamanan akan menambah saksi baru – satu langkah yang Tiongkok, satu-satunya sekutu besar Pyongyang, telah enggan menerimanya.

Washington telah mengusahakan agar Beijing menerima rancangan yang kuat setelah peluncuran roket tersebut, yang dikutuk luas sebagai percobaan misil yang tersamar dan dilarang berdasarkan sanksi PBB.