Atap Ambruk Saat Misa, Jemaat Gereja di Meksiko Terperangkap

  • Associated Press
    AFP

Seorang pastor mengamati lokasi reruntuhan gereja di Ciudad Madero, negara bagian Tamaulipas, Meksiko pada 1 Oktober 2023. (Foto: AFP/Handout/Tamaulipas Civil Protection)

Atap sebuah gereja di Meksiko utara ambruk ketika misa berlangsung pada hari Minggu (1/10), membuat sejumlah jemaat terperangkap di bawah reruntuhan. Sedikitnya tujuh orang tewas dalam insiden tersebut.

“Tujuh orang dipastikan tewas dan 10 korban luka telah diselamatkan,” kata juru bicara pemerintah negara bagian Tamaulipas dalam sebuah pernyataan. Masih banyak jemaat yang terperangkap dan proses penyelamatan masih dilakukan.

Sebelumnya, pejabat mengatakan sekitar 30 orang diyakini terperangkap di gereja Santa Cruz di kota teluk, Ciudad Madero.

Dalam video yang diambil tak lama setelah peristiwa, tampak struktur beton dan batu bata roboh, dengan sebagian atap hampir ambruk sepenuhnya ke tanah.

BACA JUGA: Vatikan Berbagi Informasi Penyelidikan Soal Uskup Pelaku Pelecehan Seksual di Australia

Atap sendiri tampaknya terbuat dari cor beton dan terlihat ambruk di atas bangku-bangku di sebagian area gereja.

Hal itu membuka kemungkinan adanya ruang udara bagi korban yang mungkin selamat.

Uskup dari Keuskupan Katolik Roma Tampico mengatakan bahwa atap bangunan itu ambruk ketika umat paroki sedang menerima komuni.

Kepolisian negara bagian Tamaulipas mengatakan bahwa sekitar 100 orang berada di dalam gereja ketika atap ambruk dan sekitar 30 orang diyakini masih terjebak.

Kepolisian negara bagian juga mengatakan bahwa unit-unit Garda Nasional, kepolisian negara bagian dan kantor pertahanan sipil negara bagian, serta Palang Merah berada di lokasi kejadian. [rd/rs]