Atas Permintaan Rusia, DK PBB Hari Ini akan Bahas Senjata Biologis

Para duta besar menghadiri pertemuan Dewan Keamanan PBB tentang Ancaman terhadap Perdamaian dan Keamanan Internasional, menyusul invasi Rusia ke Ukraina, di New York City, AS, 7 Maret 2022. (Foto: REUTERS/Carlo Allegri)

Dewan Keamanan (DK) PBB pada Jumat (11/3) akan mengadakan pertemuan darurat, membahas dugaan pembuatan senjata biologis di Ukraina. Pertemuan itu diminta Rusia, yang kredibilitasnya terkait senjata kimia dipertanyakan dalam sesi tentang Suriah.

Rusia pada Kamis menuduh Amerika mendanai penelitian pengembangan senjata biologi di Ukraina, yang telah menghadapi serangan oleh puluhan ribu tentara Rusia sejak 24 Februari. Amerika membantah tuduhan itu dan mengatakan justru itu sinyal bahwa Rusia akan segera menggunakan senjata itu.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky membantah tuduhan Rusia dalam pidato video pada Kamis. Ia mengatakan, "Tidak ada yang mengembangkan senjata kimia atau senjata pemusnah massal lainnya" di Ukraina.

BACA JUGA: Cegah Penyebaran Penyakit, WHO Imbau Ukraina Hancurkan Patogen di Laboratorium

Negara-negara Barat telah menuduh bahwa Rusia melakukan tipu muslihat dengan menuduh lawan-lawan mereka dan Amerika mengembangkan senjata biologi dan kimia. Itu akan menjadi landasan bagi Rusia untuk kemungkinan menggunakan senjata-senjata itu di Ukraina - sesuatu yang dituduh dilakukan Rusia di Suriah.

Pada pertemuan bulanan DK PBB tentang penggunaan senjata kimia di Suriah - satu kasus yang masih belum tuntas dan berlarut karena kurangnya informasi dari Suriah, baik Amerika maupun Inggris mengangkat isu Ukraina.

"Federasi Rusia telah berulang kali menyebar informasi bohong tentang penggunaan berulang senjata kimia di Suriah," kata wakil utusan Amerika untuk PBB, Richard Mills. “Jaringan kebohongan baru-baru ini yang telah dilemparkan Rusia dalam upaya membenarkan perang yang direncanakan dan tidak dapat dibenarkan yang telah dilakukan terhadap Ukraina, harusnya sudah jelas bahwa Rusia juga tidak dapat dipercaya ketika negara itu berbicara tentang penggunaan senjata kimia di Suriah."

BACA JUGA: Gedung Putih: Rusia Mungkin Gunakan Senjata Biologis dan Kimia

Rekan Mills dari Inggris, James Kariuki, mengecam serangan Rusia terhadap Ukraina dan mengatakan "paralel dengan tindakan Rusia di Suriah sudah jelas."

Pada 2018, Rusia menuduh Amerika secara diam-diam melakukan eksperimen senjata biologis di satu laboratorium di Georgia, bekas republik Soviet yang, seperti Ukraina, berambisi untuk bergabung dengan NATO dan Uni Eropa. [ka/ab]