Badai Angin Hantam Wilayah Colorado

  • Associated Press

Warga setempat tampak mengamati pohon yang tumbang akibat angin kencang yang melanda wilayah metropolitan Denver, Colorado, pada 15 Desember 2021. (Foto: AP/David Zalubowski)

Angin sangat kencang menghantam wilayah Colorado Rockies pada Rabu (15/12) yang menyebabkan pemadaman aliran listrik dan menutup jalan-jalan raya, serta memaksa penangguhan atau bahkan pembatalan ratusan penerbangan.

Badan Cuaca Nasional memperingatkan hembusan angin di sepanjang Front Range Colorado sepanjang Rabu (15/12) mencapai 97-129 kilometer per jam, sementara di kaki bukit pegunungan di Colorado, kecepatan angin mencapai hingga 161 kilometer per jam.

Sebelum tengah hari, layanan cuaca mencuit bahwa kekuatan angin di lapangan terbang Akademi Angkatan Udara di Colorado Springs mencapai 161 klometer per jam.

Hembusan debu membuat tingkat visibilitas di dataran timur ke titik nol, sehingga lebih dari 56 kilometer jalur jalan tol di Highway 50 ditutup. Angin kencang ini diperkirakan baru akan mereda pada Rabu (15/12) malam.

BACA JUGA: Biden Kunjungi Kota Kentucky yang Hancur oleh Tornado

Xcel Energy melaporkan ratusan pemadaman listrik di daerah Denver dan Boulder, di mana lebih dari 50.000 orang kini hidup tanpa listrik. Di Loveland, sekitar 80 kilometer utara Denver, polisi mengatakan sebagian jalan raya terhalang pohon dan dahan yang tumbang.

Menurut situs FlightAware, hampir 500 penerbangan di bandara internasional Denver ditangguhkan, sementara lebih dari 130 lainnya dibatalkan. Bandara juga menutup landasan pacu berdasarkan pola angin. Badan Administrasi Penerbangan (FAA) mengatakan beberapa penerbangan yang tiba telah tertunda lebih dari dua jam. [em/jm]