Badai Beryl Hantam Texas, Diprediksi Membawa Hujat Lebat dan Banjir

  • Associated Press

Papan iklan di pinggir jalanan utama Portland, Texas, mengumumkan peringatan badai yang akan memasuki wilayah negara bagian tersebut pada 7 Juli 2024. (Foto: AP/Eric Gay)

Badan Beryl mulai menghantam wilayah Texas dengan membawa hujan dan angin kencang pada Minggu (7/7) ketika penduduk di wilayah pesisir menutup jendela, dan menimbulkan perintah evakuasi bagi kota-kota pantai. Texas kini bersiap menghadapi badai tropis yang kuat tersebut setelah sebelumnya badai itu menimbulkan dampak besar di sebagian wilayah Meksiko dan Kepulauan Karibia.

Sebagian besar garis pantai Texas berada di bawah peringatan badai dan badai diperkirakan akan terjadi pada Senin (8/7) pagi. Para pejabat di beberapa daerah pesisir mendesak wisatawan, yang berada di sepanjang pantai untuk merayakan liburan Hari Kemerdekaan AS 4 Juli, agar segera meninggalkan wilayah tersebut.

Badai Beryl, badai paling awal yang berkembang menjadi badai Kategori 5 di Atlantik, telah menyebabkan sedikitnya 11 kematian saat melewati Karibia menuju Texas. Badai tersebut merobohkan pintu, jendela, dan atap dengan angin kencang dan gelombang badai yang dipicu oleh suhu hangat Atlantik yang mencapai rekor tertinggi.

“Kami melihat lapisan luar Beryl sekarang mendekati pantai Texas dan cuaca akan memburuk terutama sore dan malam ini,” kata Eric Blake, spesialis badai senior di National Hurricane Center, pada Minggu pagi. “Orang-orang pasti sudah berada di tempat yang aman saat malam tiba dan kami memperkirakan badai akan menghantam suatu tempat di pantai tengah Texas dalam semalam.”

BACA JUGA: Badai Beryl Hantam Kepulauan Cayman dan Bergerak ke Meksiko

Beryl akan menjadi badai ke-10 yang melanda Texas pada bulan Juli sejak 1851 dan yang keempat dalam 25 tahun terakhir, menurut peneliti badai di Colorado State University, Phil Klotzbach.

Sebanyak tiga kali dalam pusarannya selama seminggu terakhir, Beryl telah mencapai kecepatan angin 56 kilometer per jam dalam 24 jam atau kurang, Kondisi tersebut merupakan definisi resmi layanan cuaca tentang intensifikasi cepat badai.

Pertumbuhan eksplosif Beryl menjadi badai besar yang belum pernah terjadi sebelumnya menunjukkan betapa panasnya perairan Atlantik dan Karibia, dan apa yang bisa diperkirakan pada sabuk badai Atlantik selama sisa musim badai, kata para ahli.

Pejabat Texas memperingatkan masyarakat di sepanjang garis pantai untuk bersiap menghadapi kemungkinan banjir, hujan lebat, dan angin. Peringatan badai meluas dari Teluk Baffin, di selatan Corpus Christi, hingga Sargent, di selatan Houston.

Beryl mengintai sementara ada potensi hujan lebat lainnya di Houston, di mana badai dalam beberapa bulan terakhir telah mematikan aliran listrik di kota terbesar keempat di Amerika itu dan membanjiri lingkungan sekitarnya. Pengawasan banjir bandang diberlakukan di sebagian besar pantai Texas, di mana para peramal cuaca memperkirakan Beryl akan menurunkan curah hujan setinggi 25 sentimeter di beberapa daerah.

Potensi gelombang badai antara 1,2 dan 1,8 meter di atas permukaan diperkirakan terjadi di sekitar Matagorda. Peringatan tersebut juga diperluas ke wilayah pesisir yang sama di mana Badai Harvey mendarat pada tahun 2017 sebagai badai Kategori 4, yang jauh lebih kuat daripada perkiraan intensitas Beryl pada saat badai mencapai daratan.

BACA JUGA: Biden: Mengabaikan Perubahan Iklim adalah Tindakan Mematikan dan Tak Bertanggung Jawab

Di Port Lavaca, Jimmy May mempersiapkan bisnisnya Jimmy Hayes Electric pada hari Minggu untuk melindungi kaca jendela, “kalau-kalau kita mendapat terlalu banyak angin, terlalu banyak sampah yang tertiup,” katanya. Dia mengatakan tidak khawatir tentang prakiraan angin kencang atau kemungkinan gelombang badai akan terjadi di kota tersebut, namun masyarakat yang berada di dataran rendah “harus keluar dari sana.”

Mereka yang ingin keluar dari area tersebut menggunakan pesawat akan merasa ini pilihan yang lebih sulit karena Beryl mendekati pantai Texas. Menurut data FlightAware, meskipun sebagian besar penerbangan dari dua bandara komersial utama Houston berangkat tepat waktu pada Minggu tengah hari, lebih dari 65 penerbangan telah ditunda dan empat penerbangan lainnya dibatalkan.

Di Corpus Christi, para pejabat meminta pengunjung untuk mempersingkat perjalanan mereka dan pulang lebih awal jika memungkinkan. Warga disarankan untuk mengamankan rumah dengan menutup jendela jika perlu dan menggunakan karung pasir untuk mencegah kemungkinan banjir.

Kesibukan tanpa henti tampak selama tiga hari terakhir di toko Ace Hardware di kota tersebut ketika pelanggan membeli terpal, tali, lakban, karung pasir dan generator, kata karyawan Elizabeth Landry pada hari Sabtu (6/7) lalu.

“Mereka hanya khawatir tentang angin, hujan,” katanya. “Mereka ingin bersiap untuk berjaga-jaga.”

Your browser doesn’t support HTML5

Badai Beryl, Cuaca Ekstrem, dan Perubahan Iklim

Ben Koutsoumbaris, manajer umum Island Market di Pulau Padre di Corpus Christi, mengatakan “pasti ada banyak kesibukan tentang badai yang akan datang,” dengan pelanggan yang membeli makanan dan minuman, terutama daging dan bir.

Gedung Putih pada hari Minggu mengatakan bahwa Badan Penanganan Darurat Federal telah mengirim petugas tanggap darurat, tim pencarian dan penyelamatan, air kemasan, dan sumber daya lainnya di sepanjang pantai.

Beberapa kota pesisir menyerukan evakuasi sukarela di kawasan dataran rendah yang rawan banjir, melarang berkemah di pantai, dan mendesak wisatawan yang bepergian pada liburan akhir pekan Empat Juli untuk memindahkan kendaraan rekreasi dari taman pantai. Di Kabupaten Refugio, sebelah utara Corpus Christi, para pejabat mengeluarkan perintah evakuasi wajib bagi 6.700 penduduknya.

Wakil Gubernur Texas Dan Patrick, yang menjadi penjabat gubernur saat Gubernur Greg Abbott sedang melawat ke Taiwan, mengeluarkan deklarasi pencegahan bencana untuk 121 kabupaten. Beryl minggu lalu menghantam Meksiko sebagai badai Kategori 2, menumbangkan pepohonan namun tidak menyebabkan cedera atau kematian sebelum kemudian melemah. [my/uh]