Badai Petir dan Hujan Legakan Sekaligus Khawatirkan Australia

Seorang petugas pemadam kebakaran berupaya menjinakkan api di dekat Tomerong, Australia, Rabu, 8 Januari 2020.

Badai petir dan hujan melegakan para pemadam kebakaran dalam usaha mereka mengendalikan kebakaran hutan di Australia, tapi juga menimbulkan kekhawatiran bahwa sambaran halilintar dapat memicu kebakaran baru.

Sekitar 2.300 petugas pemadam kebakaran di negara bagian New South Wales memanfaatkan situasi yang relatif bersahabat ini dengan bergegas memperkokoh usaha mereka mengendalikan kebakaran di sekitar lebih dari 110 titik api, sementara melakukan pemantauan atas kemungkinan terjadinya kebakaran baru akibat sambaran halilintar.

Sementara itu jumlah korban dipastikan bertambah menjadi 26 orang, setelah seorang pemadam kebakaran tewas akibat kendaraan yang ditumpanginya mengalami kecelakaan sewaktu melakukan usaha pemadaman kebakaran.

BACA JUGA: Hujan, Temperatur yang Lebih Dingin Bantu Upaya Atasi Kebakaran Hutan di Australia

Krisis kebakaran yang belum peranh terjadi sebelumnya di bagian tenggara Australia itu telah menghancurkan 2.000 rumah dan membuat banyak kota besar terkungkung asap.

PM Scott Morrison menghadapi kritikan keras di dalam dan luar negeri karena mengabaikan tuntutan agar pemerintahnya berusaha mengatasasi perubahan iklim. Banyak Pakar mengatakan, tindakan-tindakan untuk mengatasi perubahan iklim bisa membantu mengatasi kebakaran hutan. [ab/uh]