Badai Roslyn Mulai Melemah di Meksiko

Sebuah naungan yang terbuat dari daun palem (dikenal sebagai palapa), rusak diterpa Badai Roslyn dengan angin kencang dan hujan, yang melanda pantai San Blas, negara bagian Nayarit, Meksiko, 23 Oktober 2022. (REUTERS/Hugo Cervantes)

Badai Roslyn melemah dengan cepat pada hari Minggu setelah mencapai daratan di kawasan pesisir Pasifik Meksiko serta memicu tanah longsor dan banjir besar-besaran.

Tidak ada kematian yang dilaporkan sejauh ini tetapi ada laporan luas mengenai kerusakan di tengah-tengah kekhawatiran bahwa permukaan air sungai yang terus naik dapat menyebabkan lebih banyak banjir.

Otoritas perlindungan sipil di negara bagian-negara bagian Nayarit dan Jalisco yang terkena dampak paling parah melaporkan kerusakan material, banjir, pohon-pohon tumbang dan tanah longsor yang menutup jalan raya.
Di desa Sayulita di negara bagian Nayarit, tanah longsor mengubur beberapa rumah. Warga mengarungi lumpur dalam upaya menyelamatkan harta benda mereka.

Badai Roslyn mencapai daratan di pesisir barat Meksiko hari Minggu sebagai badai kuat kategori 3, kata Pusat Badai Nasional AS di Miami. Ketika itu masyarakat sudah berlindung dari angin yang sangat kencang, gelombang pasang berbahaya dan banjir bandang.

Setiap tahun siklon tropis menerjang Meksiko di pesisir Pasifik dan Atlantiknya, biasanya antara Mei dan November. [uh/ab]