Bahas Konflik Israel-Palestina, Tiga Menlu Bertemu di Kairo

Serangan udara jet-jet Israel terhadap Jalur Gaza (29/5). Kairo, Mesir menjadi tuan rumah untuk membahas eskalasi aksi kekerasan terbaru antara Israel dan Palestina.

Para menteri luar negeri dan kepala intelijen dari Mesir, Yordania dan Otorita Palestina hari Kamis (31/5) melangsungkan pertemuan di Kairo untuk membahas eskalasi aksi kekerasan terbaru antara Israel dan Palestina.

Pertemuan itu berlangsung setelah dicapainya gencatan senjata antara Israel dan Palestina pada hari Rabu (30/5) untuk mengakhiri aksi kekerasan terbesar sejak perang tahun 2014.

Pertempuran, yang berlangsung sepanjang hari Selasa dan berlanjut hingga malam hari, mencakup tembakan sejumlah roket dan mortir oleh militan Palestina ke Israel, sementara Israel melakukan puluhan serangan udara di Jalur Gaza.

Aksi kekerasan itu menimbulkan ketegangan di sepanjang perbatasan. Lebih dari 110 warga Palestina, banyak diantara mereka adalah demonstran yang tidak bersenjata, tewas ditembak Israel dalam demonstrasi mingguan yang dimulai sejak 30 Maret lalu, yang bertujuan untuk menuntut pencabutan blokade Israel dan Mesir terhadap Gaza. [em/al]