Banjir Bandang di Taman Nasional Yellowstone Paksa Evakuasi

Banjir bandang di sungai Gardiner di sepanjang Pintu Masuk Utara menuju Taman Nasional Yellowstone, Montana, mengakibatkan longsor di sebagian jalan, Senin, 13 Juni 2022. (National Park Service via AP)

Hujan deras, ditambah salju yang meleleh dengan cepat, menyebabkan banjir bandang yang memaksa evakuasi di beberapa bagian Taman Nasional Yellowstone, di wilayah barat laut AS.

Listrik padam dan para petugas Yellowstone terpaksa menutup semua pintu masuk tanpa batas waktu, pada saat wisata musim panas dimulai.

Pada Senin malam (13/6), para turis hanya menonton sewaktu arus air yang deras melongsorkan tepian sungai, menyebabkan sebuah rumah jatuh masuk Sungai Yellowstone dan hanyut hampir dalam keadaan utuh.

Aliran air Sungai Yellowstone yang deras membanjiri tempat yang tampak seperti gudang perahu kecil di Gardiner, Montana, tepat di utara Taman Nasional Yellowstone, Senin, 13 Juni 2022. (Sam Glotzbach melalui AP)

Di dalam Taman Nasional Yellowstone, para petugas mengatakan mereka sedang menilai kerusakan akibat badai, yang menghanyutkan jembatan, menyebabkan tanah longsor dan membuat kota-kota kecil terisolasi, memaksa berlangsungnya evakuasi dengan perahu dan helikopter.

Tidak jelas berapa banyak pengunjung yang terdampar atau terpaksa meninggalkan taman itu serta berapa banyak warga di luar taman yang telah diselamatkan dan dievakuasi. [uh/ka]