Bank Sentral China Kurangi Rasio Persyaratan Cadangan

Seorang perempuan melewati papan elektronik di luar bank di Hong Kong. (Foto: ilustrasi)

Bank sentral China hari Minggu (24/6) mengumumkan akan mengurangi reserve requirement ratio (RRR) atau rasio persyaratan cadangan bagi sebagian besar bank sampai 50 basis poin supaya tersedia dana bagi perusahaan kecil sementara perang dagang dengan Amerika tampaknya semakin mungkin terjadi.

Langkah memangkas cadangan uang tunai bank itu akan memungkinkan dana total 108 miliar dolar digunakan oleh bank-bank komersial dan bank terbesar milik negara, demikian dikatakan Bank Rakyat China dalam pernyataan.

Kebijakan itu dijadwalkan mulai berlaku 5 Juli, sehari sebelum tarif baru Amerika diberlakukan terhadap impor Cina senilai 34 miliar dolar. Tarif impor senilai 16 miliar dolar lainnya akan diberlakukan kemudian.

Prospek tarif tersebut ditambah data ekonomi yang lesu bulan lalu memaksa bank sentral China merespon, ujar para analis.

Bank akan menggunakan dana yang tersedia dari pengurangan RRR itu untuk membiayai usaha kecil dan mendukung "debt to equity swaps" atau pertukaran utang dengan saham, ujar bank sentral. [ka/as]