Beijing: PM Pakistan Akan Kunjungi China Minggu Depan

Seorang polisi berjaga di bawah bendera China dan Pakistan yang di pasang di sepanjang jalan menjelang kunjungan Wakil Perdana Menteri China He Lifeng, di Islamabad, Pakistan, 30 Juli 2023. (Foto: Farooq Naeem/AFP)

Kementerian Luar Negeri China mengatakan, Jumat (31/5), bahwa Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif akan mengunjungi China dan bertemu Presiden Xi Jinping minggu depan.

Beijing adalah sekutu regional terdekat Islamabad, yang siap memberikan bantuan keuangan untuk menyelamatkan negara tetangganya yang sering mengalami kesulitan itu.

China telah menandatangani kontrak senilai lebih dari dua triliun dolar di seluruh dunia berdasarkan skema investasi Belt and Road (Sabuk dan Jalan), dan miliaran dolar dikucurkan untuk proyek infrastruktur di Pakistan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Mao Ning mengatakan Sharif akan mengunjungi China mulai 4 Juni hingga 8 Juni atas undangan Perdana Menteri Li Qiang.

Dia akan mengunjungi provinsi selatan Guangdong dan provinsi utara Shaanxi, tambahnya.

“China dan Pakistan adalah mitra strategis dan teman setia dalam segala cuaca,” kata Mao.

“Persahabatan China dan Pakistan telah diuji oleh zaman dan kokoh seperti batu dan stabil seperti gunung,” katanya.

“China dan Pakistan telah menjalin hubungan tingkat tinggi yang erat dalam beberapa tahun terakhir, dan praktik bilateral terus mengalami kemajuan,” tambah Mao. [lt/uh]