Bentrokan Terjadi Menyusul Pemakaman Menteri Palestina

Para anggota keluarga dan warga Palestina menangis di dekat jenazah Ziad Abu Ain, Menteri Palestina yang tewas dalam protes di dekat Ramallah, Tepi Barat (11/12).

Sejumlah warga Palestina bentrok dengan pasukan Israel di Tepi Barat Kamis (11/12), menyusul tewasnya seorang Menteri Palestina dalam bentrokan dengan pasukan Israel.

Sejumlah warga Palestina bentrok dengan pasukan Israel menyusul pemakaman seorang menteri kabinet yang tewas dalam konfrontasi dengan pasukan keamanan Israel pekan ini.

Ribuan orang, termasuk Presiden Palestina Mahmoud Abbas, berkumpul, Kamis (11/12), di Ramallah untuk menghadiri prosesi pemakaman Menteri Palestina, Ziad Abu Ain.

Sewaktu protes sebelumnya hari Rabu, pasukan Israel mendorong Abu Ain di sekitar leher dan dada, serta menembakkan gas air mata di kawasan tersebut.

Sejumlah dokter Palestina mengatakan, Kamis, hasil otopsi menunjukkan Abu Ain tewas dipukul, sementara para pejabat Israel mengatakan serangan jantung menyebabkan kematiannya.

Juru bicara pasukan pertahanan Israel, Peter Lerner mengatakan, militer Israel sedang menyelidiki kejadian itu sementara memfokuskan juga pada usaha mencegah meningkatnya ketegangan.